EKSLUSIF REPORTS!!! Pertamina Lupa Rilis Kinerja Keuangan Akhir Tahun, Malah Sibuk Buat Acara Ulang Tahun Sang Dirut

oleh
uc?export=view&id=1yz5zgqbh9yGivI45CUmBqvc CCgXXByJ
Dirut Pertamina Nicke Widyawati Rayakan Ulang Tahun. foto/ist

URBANNEWS.ID – Pada Jumat (4/1/2019) pagi kemaren di kantor pusat  Pertamina ada yang tidak biasa. Sejak pagi buta, beberapa karyawannya sibuk merias ruangan untuk acara kejutan memperingati hari ulang tahun ke 51 Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widawati.

Seharusnya, acara ulang tahunnya dirayakan pada 25 Desember 2018, namun urung dilaksanakan karena Nicke sudah ambil cuti panjang sebelum hari natal dan setelah tahun baru usai, Nicke baru masuk kerja hari Jumat itu.

“Lazimnya sejak dulu hampir tak pernah Dirut Pertamina mengambil cuti di saat hari-hari besar yang dia pun tak merayakannya, kecuali dia memang ikut bernatalan. Karena pada puncak liburan, tanggungjawab Dirut Pertamina sangat besar, terutama harus memantau soal ketersedian BBM dan memastikan di daerah-daerah tidak ada kelangkaan,” ungkap Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman, Sabtu (5/1/2019) di Medan.

Baca Juga  Pemerintah Naikkan Besaran Bantuan Bedah Rumah untuk Masyarakat

Selain itu, menurut Yusri, ada hal yang sangat diabaikan oleh Nicke sebagai Dirut Pertamina. “Menjelang akhir tahun sampai awal tahun pun dia tidak sedikit pun menjelaskan bagaimana kinerja keuangan Pertamina tahun 2018 versi unaudited, apakah ada masalah besar soal keuangan  Pertamina? Publik tentu wajar bertanya-tanya,” tutur Yusri.

Pasalnya, lanjut Yusri, di awal Desember 2018 publik dikejutkan setelah Deputi BUMN Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Aloysious Kiik Ro menyatakan prediksi keuntungan Pertamina tahun ini hanya sekitar Rp 5 Triliun, merosot 81%  dari tahun lalu yang bisa mencapai  USD 1,99 miliar atau setara Rp 26,8 Triliun. Cuma, Kiik juga mengatakan untuk keterangan lebih lanjut Deputy BUMN yang membawahi Pertamina saja nanti yang bicara. Tentu yang ia maksud tak lain tak bukan, Fajar Harry Sampurno.

Baca Juga  Dirut Pertamina Hulu Rokan Akan Dicopot Erick Tohir

“Sebelumnya, pada acara Pertamina Energy Forum di Hotel Raffles pada 28 November 2018, dia secara tegas mengakui bahwa Pertamina masih kalah dari Petronas yang malah pada tahun ini malah melejit 43% labanya,” ujar Yusri.(*)

Tentang Penulis: Hengki Seprihadi

Gambar Gravatar
Professional Journalist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.