Tim Lengkap PT SRL Berjibaku Bantu Padamkan Karhutla di Rangsang

Share Button:


Foto udara situasi kebakaran lahan di Kabupaten Kepulauan Meranti yang mulai terkendali, Rabu (6/3/2019). PT SRL menurunkan tim lengkap meski kebakaran bukan di dalam areal konsesi mereka.foto/ist

URBANNEWS.ID - Ratusan hektar lahan dan hutan di Rupat padam akibat kebakaran beberapa waktu lalu, kini giliran Meranti membara. Hingga Rabu (6/3/2019), setidaknya sudah sekitar 200 ha lahan terbakar di Desa Mereng dan Sokop.

Lahan yang terbakar rata-rata belukar pakis-pakisan. Hutan dan perkebunan tersebut mulai terbakar sejak delapan hari lalu.

Menurut Tim Patroli Regu Pemadaman PT SRL, kebakaran terdeteksi di beberapa titik.

Dalam rilis pers diterima urbannews.id, PT SRL menyatakan walaupun semua lahan terbakar berada di luar konsesi PT SRL, namun mereka tetap all out membantu pemadaman tersebut bersama BPBD, TNI Polri dan MPA.

Hingga Rabu ini, kesembilan pemadaman PT SRL sudah turunkan sebanyak 150 orang RPK, peralatan berupa Mark3  tujuh unit, Ministriker 8 Unit, Fluto 2 unit, dan alat berat 1 Unit untuk pembuatan sekat bakar.

Menurut Yunan Helmi, selaku komandan Regu Pemadan Kebakaran PT SRL, saat ini tim yang bekerja di lokasi juga didatangkan dari Rupat yang sebelumnya berjibaku memadamkan api yang membakar lahan dan hutan di beberapa desa di Rupat bulan Januari sampai Februari lalu.

Yunan menjelaskan, saat ini rata-rata kondisi lahan yang terbakar di Desa Mereng dan Sokop sudah mulai bisa terkendali. 

"Tim kita kerja all out di lapangan sehingga sebagian lokasi sudah ada yang mulai pendinginan sisa-sisa kebakaran yang masih mengeluarkan asap," ujarnya.

Posko kesehatan gratis

Di tempat terpisah, Humas PT SRL Abdul Hadi menjelaskan, untuk mengantisipasi dampak kesehatan akibat karlahut, PT Sumatera Riang Lestari juga mendirikan Posko Kesehatan Gratis bagi warga sekitar dan seluruh tim pemadam. 

"Sama halnya dengan di Rupat sebelumnya, kita juga mendirikan posko kesehatan gratis di Desa Terkul, Rupat. Selama di Rupat setidaknya lebih dari 200 warga yang datang berobat ke posko kita," katanya.

Posko kesehatan gratis PT SRL di Kabupaten Kepulauan Meranti.foto/ist

Sementara di Rangsang, kata Abdul Hadi, memanfaatkan bangunan Pos Siskamling di Desa Tubun, Dusun Mereng untuk dijadikan posko kesehatan gratis. Mengingat di desa ini cukup dekat dengan lahan yang terbakar.

"Posko kesehatan tersebut kita bekali dengan peralatan pemeriksaan kesehatan, obat-obatan serta didukung oleh satu orang dokter dan dua orang perawat," kata Abdul Hadi.

Posko kesehatan menurut Hadi, mulai disiapkan sejak 4 Maret lalu dan terus dibuka sampai hari ini. "Kita berharap keberadaan Posko kesehatan ini bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar serta seluruh pihak yang terlibat aktif dalam pemadaman karlahut di Pulau Rangsang," ujar Abdul Hadi.(hen/rls)

Share Button:
No Response

Leave a reply "Tim Lengkap PT SRL Berjibaku Bantu Padamkan Karhutla di Rangsang"