Amien Rais: Tito, Saya dan Umat Islam Meminta Pertanggungjawabanmu

Share Button:

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais.

URBANNEWS.ID - Demonstrasi massa aksi 22 Mei di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berlangsung ricuh hingga menelan sejumlah korban jiwa. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, lantas menyalahkan aparat kepolisian atas kericuhan tersebut.

Lewat unggahan video di akun Instagram resminya, Amien mengungkapkan rasa marahnya. Ia bahkan menyebut aparat kepolisian merupakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang menembak secara ugal-ugalan.

"Saudaraku saya menangis, saya betul-betul sedih tapi juga marah," tutur Amien dalam video yang diunggah pada Rabu (22/5). "Bahwa polisi-polisi saya kira yang berbau PKI telah menembak umat Islam secara ugal-ugalan," lanjutnya dalam video itu.

Amien pun lantas meminta pertanggungjawaban dari pihak kepolisian. Ia juga menyebut nama Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Tito, saya dan umat Islam meminta pertanggungjawabanmu," tutur Amien. "Ya Tito, jangan buat marah umat Islam," timpalnya lagi.

Sementara itu terpisah, Mabes Polri membantah tudingan tersebut dan meminta Amien Rais memaparkan bukti dan fakta yang dapat memperkuat tuduhannya.

"Iya (kami bantah). Pak Amien Rais punya fakta apa? Sekali lagi tidak ada peluru tajam," tegas Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (22/5/2019).

Dedi menyampaikan, prosedur pengamanan demo sampai terjadinya kerusuhan tak pernah ada penggunaan senjata tajam. Polisi yang bersenjata hanya pleton anti anarkis.

"Pleton anti anarkis itu yang mengendalikan adalah Kapolda, itu pun sangat tergantung pada eskalasi ancaman. Ketika eskalasi ancaman naik sudah ada massa yang dikatakan membahayakan keselamatan masyarakat, aparat dan merusak properti secara masif itu pleton anti anarkis turun. Untuk apa? Untuk mencegah, melokalisir agar unjuk rasa pendemo anarkis tersebut (tidak) merembet ke tempat lain," jelasnya.(hen/wowkeren.com/merdeka.com)

Share Button:
author
No Response

Leave a reply "Amien Rais: Tito, Saya dan Umat Islam Meminta Pertanggungjawabanmu"