Advertisement

Arifin Tasrif Pernah Berperan Jembatani Kerjasama Pengembangan Energi Baru Terbarukan RI-Jepang

Menteri ESDM Arifin Tasrif.foto/portonews.com

URBANNEWS.ID - Nama-nama menteri dan pejabat setingkat menteri kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin diumumkan pagi ini. Beberapa di antaranya terdapat nama baru, seperti Arifin Tasrif yang menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

" Arifin Tasrif Menteri ESDM, beliau pernah jadi Dirut BUMN dan jadi dubes di Jepang," ujar Jokowi di veranda depan Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Arifin Tasrif memang bukan nama baru di jajaran elite birokrat Indonesia. Sejak 2017, ia telah menjadi duta besar Indonesia untuk Jepang. Sebelumnya, lulusan ITB ini merintis karir di perusahaan pelat merah tepatnya di industri pupuk.

Ia lama menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia sejak resmi menjadi holding, dari 2010 sampai 2015. Sebelumnya, ia merupakan Direktur Bisnis PT Rekayasa Industri mulai dari 1995 sampai 2001, lalu menjadi Direktur Petrokimia Gresik dari 2001 sampai 2010.

Selama menjadi duta besar Jepang, Arifin juga berperan dalam kerja sama kedua negara dalam pengembangan energi baru dan terbarukan.(hen/cnbcindonesia.com)

urbannews: @@urbannews13
Advertisement