Advertisement

Beri Penyuluhan Hak Kekayaan Intelektual, Dosen Fakultas Hukum UIR Beberkan Seluk Beluk Cara Perolehan Indikasi Geografis

Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Riau, DR Zulfikri mengulas cara mengurus Indeks Geografis Hak Kekayaan Intelektual, Selasa (26/11/2019) di Kepulauan Meranti.foto/ist

URBANNEWS.ID - Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR), DR. Zulfikri, Selasa (26/11/2019), memberikan penyuluhan hukum tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI) khususnya terkait masalah perolehan Indikasi Geografis atau IG. 

Kegiatan penyuluhan ditaja Kantor Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Riau. Penyuluhan berlangsung di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Diutarakan Zulfikri, IG diatur dalam UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, yang memberi perlindungan kepada produk daerah yang secara grografis mempunyai kekhasannya, dan produk tersebut dijaga secara terus-menerus oleh masyarakatnya, seperti kopi Gayo dari daerah Gayo yang telah dikenal masyarakat sebagai penghasil kopi.

"Dengan adanya IG ini maka produk tersebut akan terlindungi secara otomatis, karena dengan azas first to file yaitu yang pertama memperoleh sertifikat pendaftaran HKI, dialah yang terlindungi," ungkap Zulfikri.

Lebih lanjut, Zulfikri menjelaskan, pihak yang boleh mengajukan IG menurut undang undang adalah Masyarakat Petani IG atau Pemerintah daerahnya m.

"Sehingga ruang lingkup IG ini adalah komunal bukan individual kalau individual namanya merek," tutur Zulfikri.

Zulfikri juga menyampaikan, peluang Pemda lebih besar untuk mengajukan IG namun perlu political will dari pemerintahnya dan memanfaatkan tekhnologi  dalam pelayanannya. 

"Kemudian juga yang penting, IG ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, karena setelah ada IG nilai jual produk jadi lebih tinggi," ungkapnya.

Zulfikri juga menyarankan agar daerah yang telah punya IG supaya bekerjasama dengan Fakultas Hukum UIR dalam rangka pemberian perlindungan hukum jika nanti ada pihak lain yang menimbulkan kerugian.(hen)

urbannews: @@urbannews13
Advertisement