Advertisement

DEM Banyumas dan BEM STMIK Widya Utama Gelar Diskusi Bahas Energi Nuklir

Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Banyumas berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK Widya Utama (SWU), dan Astronom Amatir Purwokerto (AAP) menyelenggarakan diskusi publik terbuka untuk umum berlokasi di Rumah Kopi Pemuda Purwokerto Barat. foto/ist

URBANNEWS.ID - Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Banyumas berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK Widya Utama (SWU), dan Astronom Amatir Purwokerto (AAP) menyelenggarakan diskusi publik terbuka untuk umum berlokasi di Rumah Kopi Pemuda Purwokerto Barat.

Diskusi ini membahas mengenai "Manfaat Teknologi Nuklir di Bidang Energi". Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa, dan masyarakat umum.

"Saya jadi paham bahwa nuklir itu suatu energi dimana apabila digunakan tidak sesuai porsinya justru akan membahayakan. Manfaat nuklir itu sendiri apabila dikelola sesuai kapasitasnya dapat menghemat pengeluaran negara, lebih ramah lingkungan, ekonomis, sehingga akan dapat mendatangkan devisa negara, dan kegiatan ini bagus, karena menyangkut masyarakat awam, karena masyarakat pada umumnya masih berpikiran negatif dan buruk terhadap nuklir, maka dengan adanya kegiatan ini semakin membuka pandangan kami sebagai masyarakat awam, bahwa nuklir itu dapat digunakan sebagai sumber energi dan manfaat yang digunakan sangat beragam," kata Muhammad Razzaaq Birmansyah.

Sementara itu, menurut Yayah Fitrianingrum, Kepala Departemen Nuklir DEM Banyumas, acara diskusi ini sangat bermanfaat, apalagi untuk orang awam yang belum paham tentang pemanfaatan energi terbarukan terutama nuklir.

"Sehingga dengan adanya diskusi publik ini diharapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat umum dan juga mahasiswa agar dapat merubah mindset serta membuka pikiran mengenai betapa pentingnya penggunaan energi nuklir dalam kehidupan sehari hari," kata Yayah Fitrianingrum.

Sementara itu, Rosyid Al Hakim, Ketua Umum DEM Banyumas mengatakan, Nuklir itu tidak berbahaya, justru sebaliknya, sangat bermanfaat apabila dengan bijak dimanfaatkan.

"Reaktor nuklir di desain sedemikian rupa safety nya agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Nuklir sebagai potensi sumber energi yang terbarukan, dan apabila dikelola dengan bijak akan menghasilkan daya listrik yang stabil, disisi lain, sumber EBT (Energi Baru Terbarukan) ini sangatlah ramah lingkungan, aman, dan sustainable apabila dimanfaatkan," kata Rosyid.

Dengan adanya agenda ini, DEM berharap masyarakat luas akan semakin sadar bahwa negara Indonesia berada di garis khatulistiwa yang mana sumber-sumber energi yang terbarukan sangatlah melimpah, tinggal bagaimana memanfaatkannya untuk pembangunan negeri agar terciptanya penggunaan sumber energi yang migrasi dari fosil ke EBT, salah satunya ialah sumber energi nuklir ini.

"Jangan sampai karena SDA Indonesia yang melimpah dan berpotensi untuk sumber EBT nanti dijadikan hal yang direbutkan oleh dunia, alhasil sudah menjadi tugas kita semua penerus bangsa kelak untuk mewujudkan ketahanan energi yang akan terciptanya kedaulatan energi," kata Rosyid.(hen/rls)

urbannews: @@urbannews13
Advertisement