Advertisement

Dihadiri DEM Seluruh Indonesia, Pakar Ingatkan Potensi Besar Energi Terbarukan

Seminar Energi Terbarukan yang digelar DEM Banyumas ungkap potensi besar energi terbarukan Indonesia.foto/ist

URBANNEWS.ID - Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Banyumas bekerjama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITT Telkom Purwokerto menyelenggarakan acara seminar nasional dengan tema Energi Terbarukan Potensi Pembangunan Negeri. Seminar disponsori Pertamina.

Dalam acara ini, hadir para pembicara antara lain akademisi energi terbarukan dari Universitas Jenderal Soedirman, Ropiudin. Ropiudin mengutarakan seputar potensi energi terbarukan di Indonesia, khususnya potensi Geothermal.

Pembicara kedua, Dicky Firmansyah, juga menuturkan dan mengingatkan pentingnya energi. Ia juga mengajak para peserta untuk kembali ke kedaulatan energi Indonesia, khususnya inovasi-inovasi dari mahasiswa.

Sementara itu, menurut Pengamat Energi Nasional, Ugan Gandar, mengingatkan bahwa mahasiswa dari setiap disiplin ilmu mempunyai peran penting dalam pengelolaan energi di Indonesia.

"Oleh karenanya, perlu sinergitas dari seluruh komponen khususnya semangat mahasiswa mulai menjaga, memelihara hingga memperjuangkan kedaulatan energi nasional. Apalagi Indonesia memiliki potensi sumber energi terbarukan yang besar, dan kita harus sanggup mengelola dan menjaganya," ungkap Ugan.

Dalam seminar tersebut, juga dihadiri oleh Dewan Energi Mahasiswa dari seluruh Indonesia, yaitu DEM Aceh, Riau, Tangerang, Serang, Jakarta, Bandung, Indramayu, Semarang, UNDIP, UNNES, UPNVYK, Surabaya, Banyuwangi, PTAI Jember, Jember, Bali, Makassar, Sulut sebagai bentuk aksi nyata mewujudkan pemahaman bersama dalam menciptakan pergerakan menjaga kedaulatan energi.

Menurut Robi Juandry, Sekjen DEM Indonesia, Indonesia memiliki potensi sumber energi terbarukan sangat melimpah dan penting untuk dikuasai penuh oleh bangsa sendiri, bukan pihak asing.

Robi juga mengajak mahasiswa yang hadir dalam seminar untuk lebih sadar memikirkan kondisi negeri di sektor energi.

Rosyid Al Hakim, Ketua Umum Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Banyumas pada kesempatan itu menuturkan bahwasannya negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada di garis khatulistiwa dan sangat melimpah untuk potensi energi yang dapat dijadikan sebagai sumber energi terbarukan.

"Potensi energi yang paling besar adalah panas bumi atau geothermal, dimana kita merupakan 40% cadangan panas bumi dunia sebagaimana telah disampaikan Pak Ropiudin," kata Rosyid.

Menurut Ketua Panitia Seminar, Gayatri Aini, jumlah peserta seminar ini mencapai 500 peserta dari seluruh penjuru Indonesia.(hen/rls)

urbannews: @@urbannews13
Advertisement