CERI: Kasus OTT Pembangkit Riau 1 Paling Aneh Sedunia, Apa Bisa Lewat Telepati Saja Direksi PLN Ikuti Kemauan Johanes Soekotjo

Share Button:


URBANNEWS.ID - Kasus operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Eni Saragih terkait proyek pembangkit Riau 1 oleh KPK, dianggap kasus paling aneh. Pasalnya, sudah delapan bulan berjalan prosesnya, tapi KPK belum bisa menentukan satu pun Direksi PLN yang terlibat. 

Demikian diutarakan Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI), Jumat (1/3/2019).

"Padahal, dari banyak keterangan terdakwa dan saksi di persidangan dikatakan, karena ada peran aktif Direksi PLN maka keinginan pemilik PT Blackgold Natural Resources Ltd dengan China Huadian Engineering Company Ltd berhasil disetujui oleh PLN melalui anak usahanya PT Pembangkit Jawa Bali Investama (PTPJBI)," ungkap Yusri.

Menurutnya, Sofyan Basyir awalnya sudah menyatakan bahwa PT Blackgold Natural Respurces (Johanes Soekotjo) menginginkan PLTU Jawa 3, tapi kata Sofyan Basyir sudah ada jagonya, yang masih kosong PLTU Riau 1.

"Terbukti ada aliran dana ke acara Munaslub Golkar pada Desember 2017 yang memilih Airlangga Hartarto sebagai ketua umumnya, dan dana itu telah dikembalikan oleh Wasekjen Partai Golkar, Sarmuji kepada KPK senilai Rp 713 juta," kata Yusri.

Samin Tan pun, lanjut Yusri, untuk masalah terminasi PT Asmin Koalindo Tuhuf (AKT) dengan pihak Menteri ESDM telah ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan alat bukti telah memberikan uang Rp 5 miliar kepada Eni Saragih.

"Awalnya, beredar kabar sangat kuat di internal KPK, bahwa dari PLN yang diduga terlibat selain Sofyan Basyir sebagai Dirut, ada peran Nicke Widyawati sebagai Direktur Perencanaan Strategis 1 yang menentukan PLTU Riau 1 masuk dalam RUPTL 2017 sampai dengan 2026 dan Iwan Supangkat sebagai Direktur Perencanaan Strategis 2," ujar Yusri.

Sehingga, lanjut Yusri, kalau KPK tidak mampu menetapkan salah satu dari pihak PLN sebagai tersangka, maka proyek suap PLTU ini mungkin paling teraneh di dunia, hanya bisa dikendalikan secara telepati saja bisa mengarahkan dan memaksa Direksi PLN mengikuti kemauan Johanes Soekotjo dan kawan-kawan.

Share Button:
No Response

Leave a reply "CERI: Kasus OTT Pembangkit Riau 1 Paling Aneh Sedunia, Apa Bisa Lewat Telepati Saja Direksi PLN Ikuti Kemauan Johanes Soekotjo"