CERI: Publik Menunggu Sofyan Basir Balik dari Paris dan Buka Nama dan Peran Direktur PLN yang Ditugasi Mengawal Pemilihan Konsorsium Blackgold

Share Button:
Mantan Dirut PLN Sofyan Basir.foto/tempo.co

URBANNEWS.ID - Dengan sudah dinonaktifkannya Sofyan Basir sebagai Dirut PT PLN, akan semakin mempercepat kepulangannya ke Jakarta. Sebelumnya pengacara Sofyan mengaku kliennya sedang berada di Paris.

Demikian diutarakan Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman kepada urbannews.id, Kamis, (25/4/2019). 

"Karena dia harus segera mempersiapkan diri untuk memberikan keterangan sebagai tersangka di KPK. Dan tidak ada alasan lagi bagi SB berlama-lama di Paris  untuk mengatasnamakan untuk kepentingan PT PLN," ungkap Yusri.

Dibeberkan Yusri, publik sangat menharapkan SB nanti membuka semua apa yang dia ketahui terkait dugaan praktek kongkalingkong di dalam proyek 35.000 MW, selain kasus PLTU Riau 1.

"Diharapkan SB segera juga membuka peran dan siapa direktur PLN yang ditugasi mengawal dan monitor proses pemilihan konsorsium PT Blackgold Natural Resorces Ltd dan China Huandian Engineering Co Ltd (CHEC) dengan anak perusahaan PLN PT Pembangkitan Jawa Bali dan PT PLN Batubara," beber Yusri.

Seperti diketahui, dilansir detik.com, Selasa (23/4/2019) malam, KPK menyatakan bakal menelusuri peranan jajaran direksi PLN lainnya terkait kasus dugaan suap Dirut PLN Sofyan Basir. Nantinya, KPK bakal melihat apa saja peranan tiap orang yang diduga terkait kasus ini.

"Nanti kita lihat di jajaran direksi seperti apa mereka berperan. Kan nanti kita bisa simpulkan si A berperan seperti apa, perintah siapa, otoritasnya gimana, kan setiap orang punya fungsi, ketika dia punya fungsi, fungsi itu dijalankan nggak. Fungsinya menyimpang nggak," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019).

Dalam konstruksi perkara dugaan suap terhadap Sofyan, KPK memang menyebut ada perintah dari Sofyan kepada salah satu direktur PLN. Perintah itu agar si direktur segera merealisasi power purchase agreement (PPA) antara PT PLN dan Black Gold Natural Resources dan CHEC.(hen)

Share Button:
author
No Response

Leave a reply "CERI: Publik Menunggu Sofyan Basir Balik dari Paris dan Buka Nama dan Peran Direktur PLN yang Ditugasi Mengawal Pemilihan Konsorsium Blackgold"