YPMAK Serahkan Bantuan Penanganan Corona di Papua Senilai Rp 5 Miliar

oleh
PT Freeport Indonesia serahkan bantuan penanganan Covid 19 di Papua. foto/seputarpapua.com

URBANNEWS.ID – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) selaku pengelola dana kemitraan dari PT Freeport Indonesia (PTFI) menyerahkan bantuan untuk mengatasi virus corona baru atau Covid-19, Senin (30/3/2020).

Bantuan itu diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten Mimika dan Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Mimika, di Gedung MPCC, Timika. Demikian dikutip dari seputarpapua.com, Selasa (31/3/2020).

Bantuan dalam bentuk barang dan uang tunai diserahkan oleh Direktur YPMAK Vebian Magal bersama Manager Community Health Development (CHD) PTFI Govert Waramori kepada Sekda Mimika Marthen Paiding, didampinig Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Reynold Ubra.

Bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai senilai Rp5 miliar yang akan didistribusikan antara lain Rp2 miliar ke Kabupaten Mimika, Rp1,5 miliar ke Provinsi Papua, dan Rp1,5 miliar ke Pemerintah Pusat.

Baca Juga  Indosat IM2 Luncurkan Layanan GIG Home di Apartemen Mediterania Garden Residence 2

Bantuan tunai untuk Pemkab Mimika disalurkan melalui rekening bank dari masing-masing Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di wilayah Mimika.

Selain bantuan tunai, YPMAK menyerahkan masker sebanyak 100 dos, 20 set APD baju bio hazard, 48 unit mesin alat semprot mist blower yang digunakan untuk penyemprotan cairan disinfektan area indoor dan outdoor, serta 39 karton setara 250 liter cairan disinfektan merek Bayer.

Bantuan PTFI dan YPMAK diberikan dalam bentuk peralatan/perlengkapan yang diperlukan dalam upaya mitigasi dan penanganan wabah Covid-19 di Papua, khususnya wilayah Mimika.

PTFI dan YPMAK bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kesehatan, bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan wabah Covid-19 di Timika dalam hal pendistribusian agar dapat digunakan secara maksimal.

Baca Juga  CERI: Apakah Menteri BUMN dan Pertamina Holding Berani Kasih 'Kartu Merah' Dirut PGN?

“Freeport melalui YPMAK mendukung pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Mimika, menyerahkan bantuan ini untuk digunakan tenaga medis dalam penanganan pasien covid-19 di Mimika,” ungkap Govert Waramori, Manager Community Health Development (CHD) mewakili Manajemen PTFI.

Sebelumnya, PTFI telah menjalankan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan penerapan Social Distancing di area kerja, serta melakukan pembatasan perjalanan (travel restriction) bagi karyawan dan komunitas di lingkungan perusahaan.(hen/seputarpapua.com)

Tentang Penulis: Hengki Seprihadi

Gambar Gravatar
Professional Journalist