‘Kebocoran’ Migas Pertamina Hingga Rp 30 Triliun per Tahun, CERI: Ini Tantangan untuk Kabareskrim Membereskannya

oleh
uc?export=view&id=1fLo9Gaq9qj9h8k
Listyo Sigit Prabowo. foto/jawapos.com

URBANNEWS.ID – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan PT Pertamina (Persero) rugi Rp 25-30 triliun setiap tahun karena ‘kebocoran’ migas.

Hal itu diungkapkan dia dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020). 

“Rekan-rekan dari Pertamina sendiri menyampaikan bahwa mereka mengalami kerugian antara kurang lebih Rp 25 sampai Rp 30 triliun setiap tahun akibat kebocoran masalah migas,” kata dia dalam paparannya.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman kepada urbannews.id, Minggu (8/3/2020) mengatakan pernyataan Kabareskrim Komjen Listyo itu menarik dicermati, apalagi dikatakan bahwa sumber informasi langsung dari pejabat Pertamina kepadanya, sehingga informasi itu bisa jadi bersumber salah satu dari direktur atau salah satu anggota dewan komisaris.

Baca Juga  KPK Dalami Peran Pelaku Lain di Kasus PLTU Riau-1, Nama Dirut PLN Mencuat di Sidang

“Oleh karena nilai kebocoran migas pertahun mencapai Rp 25 triliun sampai Rp 30 Triliun, akibat illegal drililing dan illegal tapping serta upaya menyeludupkan minyak, dari aktifitasnya ini diduga terjadi hampir semua lapangan hulu Pertamina dan di hilir juga terjadi kebocoran,” kata Yusri.

Menurut Yusri, kalau nilai kebocoran itu tentu sangat fantastis. “Artinya perhari kebocoran migas Pertamina sekitar Rp 84 miliar, kalau dikonversi perhitungan volume minyak bisa sekitar 70.000 barel perhari, yaitu sekitar seperempat dari total produksi minyak Pertamina yang setiap harinya sekitar 315.000 BOPD,” ungkap Yusri.

Dikatakan Yusri, tentu itu menjadi persoalan serius. “Kalau sudah begini masif kebocorannya, biasanya melibatkan oknum pegawai Pertamina, pengusaha hitam dan oknum aparat, oleh karena itu menjadi ujian bagi Kabareskrim apakah dia mampu mengungkapnya,” kata Yusri.

Baca Juga  EKSLUSIF REPORTS!!! Pertamina Lupa Rilis Kinerja Keuangan Akhir Tahun, Malah Sibuk Buat Acara Ulang Tahun Sang Dirut

“Kalau tidak mampu tentu sangat menyedihkan, jadi informasi dari pejabat Pertamina itu seolah-olah menantang Kabareskrim apakah mampu membereskannya,” tutup Yusri.(hen/detik.com)

Tentang Penulis: Hengki Seprihadi

Gambar Gravatar
Professional Journalist