Jaga Standar Layanan, Honda Rutin Gelar Kontes Layanan Honda Nasional Bagi Seluruh Dealer

Presiden Director PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma menjajal PCX Electrik. - BISNIS.COM/ADT

URBANNEWS.ID - PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan kualitas layanan di dealer berbanding lurus dengan penjualan. Konsumen yang telah menikmati layanan AHM, diklaim bakal kembali memilih produk Honda sebagai kendaraan roda dua mereka.

General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan, kualitas layanan di dealer sangat berdampak kepada penjualan Honda.

Pabrikan berlogo sayap mengepak ini secara rutin menggelar kompetisi Kontes Layanan Honda Nasional (KLHN) sebagai upaya menjaga standar layanan.

"Pasti, begitu konsumen melakukan pembelian dia merasa nyaman dengan pelayanan yang kita berikan terus dia bandingkan dengan tetangga, dia enggak mendapatkan hal lebih dia akan balik ke kami," ujarnya di sela-sela Kontes Layanan Honda Nasional di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Widarso menuturkan, salah satu tujuan KLHN ialah menciptakan standarisasi yang sama dari Sabang hingga Marauke. Hal itu bertujuan menjawab ekspektasi konsumen yang semakin lama semakin tinggi.

Dealer merupakan ujung tombak penjualan bagi Agen Pemegang Merek (APM). AHM mengklaim saat ini konsumen yang dilayani sangat beragam mulai dari generasi baby boomers, generasi X, Y, dan Z.

Honda tercatat menjadi salah satu merek paling laris untuk kendaraan roda dua di Tanah Air. Lengkapnya lini produk hingga tersebarnya jaringan diler yang merata menjadi nilai lebih merek berlogo sayap mengepak ini.

General Manager Honda Customer Care Center (HC3) Division AHM Istiyani Susriyati menuturkan, pada tahun ini KLHN digelar untuk ke-13 kali dengan mengusung tema Satu Hati Harmonisasi Nusantara karena konsumen yang makin beragam.

Salah satu perbedaan yang mencolok pada KLHN 2019 ialah ditambahkannya kategori CRO (customer relation officer) yang merupakan back office. Adapun, kategori lainnya ialah Pimpinan Jaringan Konsumen, Frontline People, Deliveryman, Customer Rentention Officer dan CRO.

KLHN kali ini diikuti oleh 5.888 peserta ang terdiri dari 970 pimpinan jaringan, 4.017 frontline people, 636 deliveryman, dan 265 CRO. Peserta lebih dahulu diuji kompetensinya pada tingkat regional oleh 29 jaringan main dealer Honda sejak April 2019 sebelum masuk ke penilaian tahap nasional.

Pemenang pertama akan mendapatkan Honda Vario 150 dan belajar ke Hong Kong. Hong Kong dipilih karena di sana pemenang bisa belajar kualitas servis dari industri lain dan digitalisasi yang sudah maju.(hen/bisnis.com)

Bagikan
No Response

Comments are closed.