Advertisement

Tokoh Masyarakat Rohul Soroti Kekosongan Jabatan Wakil Bupati

Tokoh Masyarakat Rokan Hulu, H Edward Idrus (kanan) berfoto bersama sesepuh Partai Golkar Agung Laksono beberapa waktu lalu.foto/ist

URBANNEWS.ID - Bupati Rokan Hulu Sukiman menjadi sorotan. Kali ini tak lain lantaran terkesan tidak melakukan upaya yang memadai untuk mengisi kekosongan Wakil Bupati Rokan Hulu.

Menurut Tokoh Masyarakat Rokan Hulu, H Edward Idrus, kosongnya posisi Wakil Bupati Rokan Hulu telah mengakibatkan lambannya progres pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu.

"Padahal jika dibantu oleh Wakil Bupati, tentunya Rokan Hulu bisa lebih menggeliat, baik dalam hal pembangunan, maupun dalam hal pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan serta menangkap peluang-peluang yang ada untuk makin memajukan Rokan Hulu ke depannya," ungkap Edward Idrus kepada urbannews.id, Senin (11/11/2019).

Setelah Bupati Rokan Hulu Suparman non aktif, otomatis posisi Bupati Rokan Hulu diisi oleh Wakil Bupati Rokan Hulu Terpilih, Sukiman. Sejak saat itu, tidak ada posisi orang nomor dua di pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu itu.

"Masyarakat banyak yang bertanya kepada kami, ada apa sebenarnya kok hingga saat ini tidak kunjung ada pengisian Wakil Bupati Rokan Hulu. Nah, kami membaca pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat ini sebagai bentuk keresahan dan jika dibiarkan ini tentu tidak baik untuk Rokan Hulu ke depannya," kata Edward Idrus.

Lebih lanjut dikatakan Politisi Senior Partai Golkar di Rokan Hulu dan Riau ini, kondisi pemerintahan tanpa Wakil Bupati tentunya bisa menjadikan jalan roda pemerintahan menjadi pincang.

"Apakah ini disengaja? Kami rasa tidak mungkin ada pihak yang sengaja ingin membuat Rokan Hulu menjadi terhambat perkembangannya. Saya yakin ini. Namun demikian, masyarakat tetap menyimpan tanda tanya besar atas kondisi kekosongan Wakil Bupati ini," ujar Edward Idrus.

Terkait hal ini, Edward Idrus menyatakan himbauan kepada Bupati Rokan Hulu untuk tidak melalaikan persoalan kekosongan Wakil Bupati Rokan Hulu tersebut.

"Tentu jika ingin Rokan Hulu berkembang pesat, kita semua harus sepakat untuk memperkuat roda pemerintahan yang ada. Salah satunya tentu dengan adanya pengisi jabatan Wakil Bupati Rokan Hulu agar langkah Bupati Sukiman menjadi lebih mantap," ujar Edward Idrsus.

Sementara itu, terkait hal ini Bupati Rokan Hulu Sukiman, pernah membantah dirinya tak ingin didampingi wakil bupati hingga masa jabatannya berakhir.

Di hadapan tokoh masyarakat Rohul yang ada di Pekanbaru, Sukiman juga menjelaskan bahwa pengisian jabatan Wabup Rohul tersebut saat ini menjadi kewenangan partai pengusung yang berkoalisi pada Pilkada Rohul 2015 lalu dan bukan kewenangan dirinya.

Penjelasan Bupati Sukiman terkait polemik pengisian Wabup Rohul tersebut disampaikannya saat silaturahmi dan Halal Bihalal antara Pemkab Rohul dengan Himpunan Keluarga Rohul di Pekanbaru, Sabtu (29/6/2019) di Hotel Labersa Kampar.(hen)

urbannews: @@urbannews13
Advertisement