Ini Cara Mudah Cek Resi JNE dengan Aplikasi MyJNE

117 views
Suasana pelayanan konsumen di loket JNE Pekanbaru.foto/ist

URBANNEWS.ID - Bagi kamu yang sedang berbelanja online pasti tidak asing lagi dengan perusahaan ekspedisi seperti JNE. Mereka berperan penting dalam distribusi barang yang kamu beli hingga sampai dengan selamat ke tanganmu.

Namun, perusahaan ekspedisi sering juga membuat pembeli dag dig dug. Takut barangnya salah antar, tidak ada yang menerima, atau malah tidak sampai sama sekali.

Untuk mengurangi rasa khawatir itu, biasanya pembeli hampir selalu mengecek resi pengiriman untuk memastikan barang yang mereka beli telah dikirimkan dan sedang dalam perjalanan menuju alamat.

JNE pun menyediakan layanan cek resi JNE. Layanan ini dapat diakses dengan mudah, kapanpun dan di mana pun oleh pembeli secara online.

Kemudahaan ini membuat banyak orang yang mempercayakan kirimannya dengan JNE. JNE juga bekerja sama dengan banyak mall online dan pedagang toko online untuk mengantarkan pesanan pembeli.

Berikut langkah menggunakan layanan cek resi JNE dengan MyJNE

1. Mintalah nomor resi dari penjual

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meminta nomor resi JNE dari pedagang. Nomor resi JNE berupa kode unik dengan 16 digit kombinasi huruf dan angka. Bila kamu membeli dari mall online, kamu biasa akan langsung mendapatkan nomor resi pada folder riwayat belanjamu. Namun, bila kamu membeli barang dari pedagang toko online di sosial media, kamu perlu meminta langsung ke mereka.

Beberapa toko online tidak bisa langsung memberikan nomor resi JNE karena pengiriman dilakukan secara bersamaan dengan barang lainnya sehingga petugas JNE perlu waktu untuk merekap semua nomor resi dan memberikannya ke pedagang untuk disampaikan kepada pembeli.

Ada pula toko online yang memposting nomor resi pada laman sosial media mereka, sehingga pembeli yakin bahwa barangnya telah dikirimkan. Namun, bila kamu menggunakan layanan JNE secara pribadi, nomor resi dapat kamu lihat pada bagian kanan atas struk JNE yang kamu terima dari petugas konter.

2. Masukkan nomor resi pada website atau Aplikasi MyJNE

Bila kamu sudah mendapatkan nomor resi JNE, kamu dapat menikmati layanan cek resi JNE melalui https://www.jne.co.id/id/tracking/trace atau melalui aplikasi khusus JNE yang bernama MyJNE.

Aplikasi MYJNE dapat diunduh di Google Playstore. Untuk menggunakannya, kamu perlu melengkapi informasi yang diminta. MY JNE akan mengirimkan email konfirmasi dan meng-klik link yang pada email untuk mengaktifkan akun.

Pada My JNE atau website JNE, kamu akan diminta untuk memasukkan 16 digit nomor resi. Selanjutnya masukkan kode unik yang tercantum di laman website dan klik tombol ‘search’. Tak sampai 1 menit, kamu akan langsung mengetahui posisi barang kirimanmu.

Kamu akan mengetahui jam berapa pengiriman dilakukan dan kapan barang sampai di setiap tempat transit barang. Kamu juga akan mengetahui sudah sampai di mana barang kirimanmu.

Informasi tersebut memudahkanmu untuk melakukan estimasi kapan barang tersebut akan sampai ke alamatmu. Sehingga kamu dapat memutuskan kapan keluar rumah dan sampai kembali di rumah menunggu paket datang.

Kamu pun dapat meminta tolong pada orang lain untuk menerima paketmu bila kamu sedang tidak sedang berada di alamat pengiriman. Pada laman cek resi JNE, kamu juga bisa mengetahui nama orang yang menerima paketmu.

3. Jangan panik bila resi tidak ditemukan

Namun bila nomor resi JNE yang kamu masukkan tidak membuahkan hasil pencarian jangan panik dulu. Pastikan nomor resi yang kamu masukkan sudah benar. Kalau memang tidak ada kesalahan dalam menginput nomor, tetaplah tenang.

Ada kemungkinan data resimu belum diperbaharui di dalam sistem JNE. Berilah waktu 1x24 jam sebelum melakukan pengecekan ulang. Bila lebih dari 24 jam, nomor resi tetap tidak bisa digunakan, kamu dapat melaporkannya pada pedagang. Bisa saja pedagang atau petugas JNE salah memberikan nomor resi.

Kamu bisa menyimpan status pengiriman dengan mencetak laman cek resi JNE atau menangkap layar (screenshot) telepon genggam atau laptop yang sedang menampilkan laman tersebut. Status pengiriman yang telah disimpan dapat menjadi bukti bagimu apabila terjadi kesalahan pengiriman atau keterlambatan pengiriman dari pedagang online atau petugas JNE.

Kamu juga bisa menghubungi kantor pusat JNE bila ada masalah dalam pengiriman barang melalui customer care JNE di nomor (021) 2927 8888 atau email customercare@jne.co.id. Di beberapa kasus, nomor resi memang tidak terlacak tetapi barang pesanan sampai dengan aman di tempat tujuan. Jadi tetaplah bersabar.(hen/review.bukalapak.com)

Bagikan
No Response

Comments are closed.