Kementerian PUPR Serahkan 30 Unit Rusus Nelayan di Rohil, Bupati: Terimakasih Pak Menteri Karena Telah Memikirkan Masyarakat Kami…

URBANNEWS.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau di bawah naungan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera III, Selasa (16/3/2021), telah meresmikan 30 unit Rumah Khusus (Rusus) Kawasan Perbatasan di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.

Peresmian pekerjaan yang dilaksanakan dengan anggaran tahun 2020 tersebut juga berlangsung bersamaan dengan penyerahan Rusus tersebut kepada masyarakat penerima. Sebanyak 30 unit Rusus ini berada di kampung pinggir laut (KPL) Kelurahan Bagan Timur, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Dalam Peresmian tersebut, tampak hadir Kepala Balai BP2P Sumatera III, Zubaidi ST MT didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau, Aldino Herupriawan, ST MT, dan Bupati Kabupaten Rohil H Suyatno.

Selain itu juga hadir Kepala Dinas Perkim Kabupaten Rohil Zulfahmi ST MT, Waka Polres Rohil AKBP James Rianov Syaloom Raja Gukguk, Pasiter Kapten Inf Kairul, Kasi Intel Kejari Rohil Abdullah SH, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, Camat Bangko Rijalul Fikri, serta beberapa kepala OPD serta undangan lainnya.

Bupati Rohil H Suyatno menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementrian PUPR yang telah mengucurkan anggaran guna pembangunan 30 unit rumah khusus nelayan tersebut.

“Terimakasih kami dari pemerintah daerah kepada Pak Menteri yang telah berbagi belah untuk memikirkan masyarakat kami khususnya nelayan sehingga rumah ini terbangun dengan cukup megah dan cukup indah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Sumatera III Zubaidi, dalam sambutannya mengatakan, Kementerian PUPR fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur sebagai langkah yang ditempuh untuk mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Nasional (PEN), serta kualitas kehidupan sosial dampak dari pandemi Covid-19.

Pembangunan rumah khusus nelayan ini terangnya, diselenggarakan mulai anggaran APBN tahun 2020 melalui DIPA Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR dan telah selesai dalam waktu enam bulan.

Rumah khusus nelayan ini, berupa bangunan tempat tinggal sebanyak 30 unit dengan luas 28 meter persegi yang terdiri dari dua kamar tidur, ruang tengah dan kamar mandi yang diperuntukkan bagi masyarakat Kabupaten Rokan Hilir yang berada di Kawasan Perbatasan ataupun daerah pesisir yang belum memiliki hunian yang layak.

“Sebagaimana pesan Bapak Menteri PUPR, untuk setiap rumah Khusus yang didanai APBN di mana pun berada, saya ingin menitipkan Barang Milik Negara berupa rumah Khusus yang telah selesai terbangun dan telah berfungsi ini, kepada Masyarakat dan Pemerintah daerah yang akan berfungsi sebagai pemilik dan pengelola, agar dapat dimafaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya,” ungkap Zubaidi.

“Bagi masyarakat penghuni rumah ini, rawat dan sayangi lah bangunan ini dengan sebaik mungkin, sebagaimana anda merawat diri sendiri,” tutupnya.(hen)

Bagikan