Pernyataan Dirut PGN Pancing Kecurigaan Publik

Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman. foto/dok

URBANNEWS.ID – Pernyataan Direktur Utama PT PGN Tbk Suko Hartono terkait proyek pipa Blok Rokan di halaman 17 Majalah Gatra edisi 15 Oktober 2020 memantik kecurigaan publik.

Suko Hartono menyatakan, jika bermitra tidak memberikan manfaat bagi korporasi atau perusahaan, dan malah membawa masalah hukum di kemudian hari, lebih baik tidak bermitra sekalian. PGN masih punya kemampuan keuangan yang baik untuk dapat project financing scheme.

Menurut Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI), Yusri Usman, pernyataan Suko itu memunculkan kesan kental bahwa proyek pemipaan Blok Rokan itu sesungguhnya tidak memerlukan mitra investasi. Sebab, Pertagas cukup mampu membiayai dari ‘kocek’ sendiri, atau dengan skema pembiayaan proyek dari pinjaman bank.

“Karena proyeknya sangat pasti pendapatannya. Resiko kecil. Sehingga adanya ruang 25% untuk investor luar, telah memancing kecurigaan publik. Ada apa di balik itu?,” ungkap Yusri kepada urbannews.id, Selasa (23/3/2021).

Menurut Yusri, jika menelisik ke belakang, akan terlihat bagaimana Pertagas melakukan mekanisme penawaran awal saat itu.

“Apakah secara terbuka dengan mengumumkannya di koran atau tempat yang bisa diakses secara terbuka oleh pengusaha, atau secara diam-diam dan terbatas?,” kata Yusri.

“Nah di proses ini lah yang bisa di kemudian hari terbuka kemungkinan, bahwa sejak awal proses ini di duga di rancang untuk memenangkan perusahaan tertentu. Itu berdasarkan bisik-bisik keras di lingkungan pengusaha yang bergerak di Sektor Migas,” ulas Yusri.

Menurut Yusri, pekerjaan pemipaan Blok Rokan sudah berlangsung sejak Agustus 2020. Kontraktor EPC PGSol dan PDC sudah menunjuk Sub kontraktor pelaksana. Jadi, PT Rukun Raharja Tbk hanya menempatkan modal investasi sebanyak 25% dari total investasi sekitar USD 300 juta.(hen)

Berita terkait:

Dirut PGN Kembali Bungkam Ditanya Konsistensi Pernyataannya Terkait Mitra Investasi Proyek Pipa Blok Rokan

Bagikan

One thought on “Pernyataan Dirut PGN Pancing Kecurigaan Publik”

Komentar ditutup.