Categories: City Government

Dirut dan Sekper Pertagas Berkelit Soal Pemilihan Partner Investasi Proyek Pipa Blok Rokan Senilai USD 300 Juta

Share
Direktur Utama PT Pertagas, Wiko Migantoro.foto/medcom.id

URBANNEWS.ID - Direktur Utama PT Pertagas, Wiko Migantoro membantah sebagai kontraktor utama pemasangan pipa Blok Rokan. Menurut Wiko, Pertagas bertindak sebagai sponsor yang kelak akan mengoperasikan pipa tersebut.

"Kami bukan main kontraktor pemasangan pipa, tapi sebagai project sponsor yang kelak akan mengoperasikan pipa tersebut," ungkap Wiko menjawab urbannews.id, Sabtu (12/9/2020) malam.

Menurut keterangan Wiko, pemilihan kontraktor engineering, procurement and construction (EPC) proyek jaringan pipa Blok Rokan itu adalah melalui lelang antar anak perusahaan di lingkup grup Pertamina.

"Pemilihan EPC Contractor dilakukan berdasar hasil lelang antar anak perusahaan di lingkungan Pertamina group. Selebihnya tidak ada tanggapan dari saya," ungkap Wiko yang lalu mengarahkan urbannews.id untuk konfirmasi lebih lanjut ke Sekretaris Perusahaan PT Pertagas, Fitri Erika.

Sementara itu, menjawab urbannews.id soal proyek pipa Blok Rokan, alih-alih memberikan keterangan lengkap, Fitri Erika hanya menjawab singkat.

"Dalam menjalankan bisnisnya, Pertagas mempedomani berbagai ketentuan, aturan dan regulasi. Terima kasih," ungkap Erika, Sabtu malam.

Urbannews.id mengajukan konfirmasi yang sama kepada Wiko dan Fitri Erika terkait aktifitas PT Pertagas yang telah ditunjuk project sponsor dalam mengoperasikan pipa dan PGASol sebagai kontraktor EPC untuk membangun jaringan pipa minyak di Blok Rokan.

Keterangan tersebut di atas diberikan Wiko dan Fitri Erika meski urbannews.id antara lain menanyakan bagaimana mekanisme PT Pertagas dalam memilih mitra investasi untuk membiayai pembangunan pipa dengan nilai investasi USD 300 juta tersebut.

Selain itu, urbannews.id juga menanyakan apakah pemilihan tersebut melalui proses tender terbuka atau pemilihan langsung alias beauty contest. Termasuk juga menanyakan berapa peserta yang diundang oleh Pertagas untuk proses pemilihannya.

Wiko dan Erika juga tidak memberikan keterangan atas pertanyaan urbannews.id tentang dasar hukum pelaksanaan pemilihan kontraktor utama proyek dengan cara pemilihan langsung atau beauty contest itu.

Mereka juga tidak memberikan keterangan mengenai nama perusahaan-perusahaan yang sudah mengikuti proses lelang di Pertagas.

Page: 1 2 3

Berita Terbaru

Ketua MPR Minta KPK Usut Anggaran Pemda Mengendap di Deposito

URBANNEWS.ID - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Selasa (27/10/202), menyatakan Menteri Dalam Negeri dapat meminta bantuan KPK untuk mengusut adanya…

28 Oktober 2020 | 08:49 WIB

CBA Serukan KPK Turun Tangan Usut Pelanggaran Kode Etik yang Bisa Berujung Tipikor di Proyek Pipa Blok Rokan

URBANNEWS.ID - Koordinator Center For Budget Analysis (CBA), Jajang Nurjaman menyatakan masalah seleksi pemilihan mitra investasi proyek Pipa Blok Rokan…

25 Oktober 2020 | 18:32 WIB

Terimakasih HCML, Sudah Peduli pada Nelayan Desa Pulau Mandangin

URBANNEWS.ID - Husky CNOOC Madura Limited (HCML) – SKK Migas telah menyerahkan bantuan jaring kepada para nelayan purse sein di…

25 Oktober 2020 | 12:01 WIB

Sentil Optimalisasi Batu Bara Lamban, CERI: Jokowi Terkesan Mengeluh pada Presiden

URBANNEWS.ID - Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman mengungkapkan tidak heran atas kondisi lambatnya pengembangan optimalisasi batu bara seperti yang dikeluhkan…

24 Oktober 2020 | 11:13 WIB

CBA Ungkap Kejanggalan Tender Pengadaan Mobil di Sekjen Kementerian Desa

URBANNEWS.ID - Di tengah-tengah Pandemi Covid-19, Center for Budget Analysis (CBA) menemukan dugaan tindak pidana korupsi di tubuh Kementerian Desa…

24 Oktober 2020 | 10:43 WIB

CERI Layangkan Surat Terbuka soal Beda Keterangan Petinggi PGN dan Pertagas tentang Proyek Pipa Blok Rokan Rp 4,3 Triliun

Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman melayangkan surat terbuka menyusul munculnya surat Corporate Secretary PT PGN Tbk Nomor: 030400S/HN.01.00/COS/2020 tertanggal 21…

22 Oktober 2020 | 16:47 WIB