Categories: City Government

Heboh Tender Proyek Kilang Olefin Tuban Rp 50 Triliun, CERI Minta Komisaris Utama Pertamina Lakukan Audit Digital Forensik

Share

Tak lama kemudian, kata Yusri, Ifki Sukarya mengirim pesan lagi. "Intinya pak kalau pertanyaan bapak. Pak Alex sudah keluar dari tim semenjak beliau ada rencana ke Rekin. Keberadaan Pak Rico juga tidak terlibat dalam teknis pengadaan dan keputusan. Begitu pak. Dan proses ini didampingi Kejagung dan BPK untuk ngawal proses berjalan baik sesuai harapan," ungkap Yusri menirukan jawaban Ifki Sukarya.

Yusri lantas menjawab kepada Ifki. "Boleh tau sejak kapan Pak Alex Dharma Balen tidak aktif di tim tender, soal Rico Ginting jelas tertera masih adalah absensi rapat-rapat evaluasi tender, padahal sesuai kekentuan di internal Pertamina bagi pejabat yang sudah pensiun tidak boleh berada dalam anggota tim tender, karena yang boleh jadi anggota team tender adalah orang yang sesuai dengan otorisasi jabatannya dan yang bersangkutan masih secara definitif menjabat, sementara untuk Konsultan kontrakan, semestinya jadi penasehat dan tidak boleh jadi member team tender," kata Yusri menirukan jawabannya kepada Ifki Sukarya.

"Terkait pertanyaan saya soal peran tim Jamintel masih belum terjawab, yaitu apakah mereka aktif mengikuti di dalam proses evaluasi prakualifikasi dengan dibolehkan ikut memeriksa keabasahan dokumen-dokumen yang terlampir, atau hanya berada diluar ruangan. Oleh karena itu, agar harapan publik terpuaskan bahwa semua prosesnya transparan dan fair, saya akan mendesak Komut Holding Pertamina Ahok untuk menilisiknya, termasuk memerintahkan pihak konsultan independen melakukan audit digital forensik untuk semua pihak terkait agar bisa memastikan apakah semua proses itu benar sesuai kaidah GCG Pertamina," ungkap Yusri menirukan jawabannya kepada Ifki Sukarya.

Dikatakan Yusri, Ifki Sukarya kemudian mengirim balasan WA kepadanya. "Insya Allah pak proses berjalan dengan baik (peserta tender mendapat informasi serta perkakukan yang sama atau fair sesuai dengan harapan bersama termasuk peran isntitusi yang terlibat," kata Yusri mengulangi jawaban Ifki Sukarya.

Yusri mengatakan, setelah jawaban Ifki itu, ia mengatakan kepada Ifki bahwa ia dapat informasi yang berbeda. "Ifki lalu mengatakan itu absensi April 2020. Dan saya katakan saya punya dokumen lengkap," ulas Yusri.

Sementara itu terpisah, urbannews.id mengkonfirmasi mengenai isi percakapan itu kepada Ifki Sukarya. Kepada urbannews.id, Senin (28/9/2020), Ifki membenarkan adanya percakapan itu. Namun demikian, ia mengaku tidak memberikan izin untuk menyebarkan percakapan itu.

Menjawab urbannews.id, Yusri menambahkan, tidak ada kesepakatan bahwa hasil dialognya di Ifki Sukarya itu tidak boleh disebarkan ke publik.

"Karena dia ditugasi oleh korporasi untuk menjawab apa yang ditanyakan, dan semua informasi itu bukan hal yang rahasia, bahkan wajib diketahui oleh publik, maka kenapa dia keberatan?," tutup Yusri.(hen)

Page: 1 2

Berita Terbaru

PSHTN Fakultas Hukum UI Nyatakan RUU Cipta Kerja sebagai Proses Legislasi yang Ugal-ugalan

Pusat Studi Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Indonesia (PSHTN FHUI) menyatakan menilai bahwa proses pembentukan undang-undang saat ini bukan…

5 hari yang lalu

Hanya Tinggal Tiga Unit, Perumahan Palm Leaves Kasih Potongan Harga Hingga Rp 170 Juta

Pengembang perumahan Palm Leaves menggelar ajang promo uang muka (DP) 0 persen hingga 30 Oktober 2020 mendatang.

6 hari yang lalu

Batalkan UU Cipta Kerja: Proses Pemakzulan Jokowi Segera!

Pengunjuk rasa yang tergabung dalam Aliansi Bali Tidak Diam melakukan aksi menolak Omnibus Law di kawasan Renon, Denpasar, Bali, Kamis…

1 minggu yang lalu

Gugatan Rp 1 Triliun Terhadap Plt Gubernur Aceh Mulai Disidang Pekan Depan

Gugatan class action terhadap Plt Gubernur Aceh terkait kebijakan stickering BBM melalui Surat Edaran No. 540/9186 yang diajukan oleh 24…

1 minggu yang lalu

Ustad Abdul Somad Minta Ahda Persatukan Mataram dengan Agama

Kehadiran ulama beken, Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam acara bertajuk Muslim United 3, Sabtu (10/10/2020) di Hotel Killa Senggigi, Lombok…

1 minggu yang lalu

Rayakan Hari Ulang Tahun ke-24, XL Axiata Tegaskan Komitmen Terus Perluas Jaringan Hingga ke Pelosok Negeri

Rayakan Hari Ulang Tahun ke-24, XL Axiata Tegaskan Komitmen Terus Perluas Jaringan Hingga ke Pelosok Negeri

1 minggu yang lalu