Nikmati Program Pemberdayaan Ekonomi dari HCML, Kades Mandangin: Kini Produk UMKM Kami Makin Bisa Bersaing

oleh
uc?export=view&id=1VCNb2cOlgAExxBGCaqMyh rlOJUQsF2o
Nikmati Program Pemberdayaan Ekonomi dari HCML, Kades Mandangin sebut Kini Produk UMKM mereka Makin Bisa Bersaing. foto/ist

URBANNEWS.ID – Husky CNOOC Madura Limited (HCML) memberdayakan ekonomi warga di kepulauan Desa Mandangin, Sampang, Madura, Jawa Timur, melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Manager Regional Office HCML, Hamim Tohari, menjelaskan, PPM ini merupakan bentuk tanggungjawab dan komitmen perusahaan kepada warga terdampak melalui program corporate social responsibility (CSR).

Untuk menjalankannya, lanjut Hamim, HCML menggandeng konsultan bisnis dan Dinas Koperasi dan UKM setempat, untuk memberikan pelatihan dan memberikan bantuan peralatan usaha warga di wilayah kepulauan tersebut.

“Mudah-mudahan keberadaan HCML bisa memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan warga pulau Mandangin,” katanya, Minggu (18/10/2020).

Kepala Desa Mandangin, Saiful Anam, mengatakan, ada dua kegiatan pelatihan di antaranya pembekalan pengetahuan tentang mekanik terhadap pemuda Mandangin. Pelatihan juga diperuntukkan 30 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan hasil produksi olahan makanan termasuk pengemasan dan pemasaran.

Baca Juga  DPR Sukarela Membubarkan Diri

“Karena dengan produksi olahan makanan dan pengemasan secara tradisional, UMKM di Mandangin hanya mampu menjangkau penjualan di wilayah setempat. Setelah mengikuti pelatihan oleh tenaga ahli dan konsultan bisnis, hasil produksi olahan makanan UMKM pulau Mandangin bisa bersaing di pasaran,” katanya.

Adapun pembekalan keterampilan mekanik kepada sejumlah pemuda Desa Mandangin mampu meningkatkan tambahan pendapatan di luar hasil nelayan. “HCML tidak hanya mendatangkan tenaga pengajar, melainkan juga membantu peralatan usaha mekanik untuk dikembangkan oleh sekelompok pemuda yang menyukai dunia montir,” ucap Saiful.

Sementara untuk menyambut Pulau Mandangin sebagai daerah wisata, HCML mengawalinya dengan mempercantik pulau melalui pembangunan gapura utama. “Ini merupakan cikal bakal Mandangin menjadi tujuan wisata di Kabupaten Sampang,” papar Saiful.

Baca Juga  Direksi Pertamina Diduga Melakukan Kejahatan Korporasi Soal Harga BBM

Selain itu, HCML juga memberikan bantuan berupa infrastruktur, dengan membangun jalan akses untuk memudahkan aktivitas nelayan hingga pembangunan musala. “PPM diharapkan mampu membantu kesejahteraan perekonomian masyaraka,” imbuh Ketua Pemuda Mandangin Bersatu, Agus Wedi.(hen/beritasatu.com)

Tentang Penulis: Hengki Seprihadi

Gambar Gravatar
Professional Journalist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.