Categories: KomunitasSurabaya

Nikmati Program Pemberdayaan Ekonomi dari HCML, Kades Mandangin: Kini Produk UMKM Kami Makin Bisa Bersaing

Share

URBANNEWS.ID - Husky CNOOC Madura Limited (HCML) memberdayakan ekonomi warga di kepulauan Desa Mandangin, Sampang, Madura, Jawa Timur, melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Manager Regional Office HCML, Hamim Tohari, menjelaskan, PPM ini merupakan bentuk tanggungjawab dan komitmen perusahaan kepada warga terdampak melalui program corporate social responsibility (CSR).

Untuk menjalankannya, lanjut Hamim, HCML menggandeng konsultan bisnis dan Dinas Koperasi dan UKM setempat, untuk memberikan pelatihan dan memberikan bantuan peralatan usaha warga di wilayah kepulauan tersebut.

"Mudah-mudahan keberadaan HCML bisa memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan warga pulau Mandangin," katanya, Minggu (18/10/2020).

Kepala Desa Mandangin, Saiful Anam, mengatakan, ada dua kegiatan pelatihan di antaranya pembekalan pengetahuan tentang mekanik terhadap pemuda Mandangin. Pelatihan juga diperuntukkan 30 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan hasil produksi olahan makanan termasuk pengemasan dan pemasaran.

"Karena dengan produksi olahan makanan dan pengemasan secara tradisional, UMKM di Mandangin hanya mampu menjangkau penjualan di wilayah setempat. Setelah mengikuti pelatihan oleh tenaga ahli dan konsultan bisnis, hasil produksi olahan makanan UMKM pulau Mandangin bisa bersaing di pasaran," katanya.

Adapun pembekalan keterampilan mekanik kepada sejumlah pemuda Desa Mandangin mampu meningkatkan tambahan pendapatan di luar hasil nelayan. "HCML tidak hanya mendatangkan tenaga pengajar, melainkan juga membantu peralatan usaha mekanik untuk dikembangkan oleh sekelompok pemuda yang menyukai dunia montir," ucap Saiful.

Sementara untuk menyambut Pulau Mandangin sebagai daerah wisata, HCML mengawalinya dengan mempercantik pulau melalui pembangunan gapura utama. "Ini merupakan cikal bakal Mandangin menjadi tujuan wisata di Kabupaten Sampang," papar Saiful.

Selain itu, HCML juga memberikan bantuan berupa infrastruktur, dengan membangun jalan akses untuk memudahkan aktivitas nelayan hingga pembangunan musala. "PPM diharapkan mampu membantu kesejahteraan perekonomian masyaraka," imbuh Ketua Pemuda Mandangin Bersatu, Agus Wedi.(hen/beritasatu.com)

Berita Terbaru

Hadir di Makassar, MG Siapkan Area Showroom Super Luas dan Garansi 5 Tahun Tanpa Batas Kilometer

URBANNEWS.ID - Mendekati satu tahun kehadirannya di Indonesia, MG kian agresif untuk menjangkau lebih banyak konsumen Indonesia dengan meresmikan kehadirannya…

30 November 2020 | 20:25 WIB

Pemkab Bekasi Beli Bak Sampah Rp 1,8 Miliar Lebih, Kaki Publik Minta KPK dan Kejari Melakukan Pemeriksaan

URBANNEWS.ID - Kabupaten Bekasi menjadi daerah yang bermasalah dengan sampah. Tidak aneh bila sering kali Kabupaten Bekasi menjadi daerah yang…

28 November 2020 | 19:08 WIB

Soal Royalti Hilirisasi Batubara Nol Persen, CERI: DPR Kok Baru Ribut Sekarang

URBANNEWS.ID - Pertanyaan soal royalti nol persen untuk hilirisasi batubara dari sebagian anggota Komisi VII DPR RI kepada Menteri ESDM…

25 November 2020 | 16:09 WIB

Sekjen dan Kabiro KLIK Kementerian ESDM Bungkam Soal FAME Biosolar Tak Ekonomis

URBANNEWS.ID - Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Ego Syahrial tidak memberikan tanggapan atas pernyataan Direktur…

19 November 2020 | 23:07 WIB

Proyek Gedung DPRD Purbalingga Kemahalan Rp 1,5 Miliar, CBA Minta KPK Periksa Bupati Dyah Hayuning Pratiwi

URBANNEWS.ID - Lembaga Center for Budget Analysis (CBA) menemukan dugaan penyelewengan anggaran pada Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Dugaan penyelewengan anggaran ini…

19 November 2020 | 22:33 WIB

Direktur Enterprise Telkom: Kami Berusaha Mempercepat Penyelesaian Program Digitalisasi SPBU Pertamina

URBANNEWS.ID - Direktur Enterprise dan Business Service PT Telkom Tbk, Edi Witjara menegaskan Telkom terus berusaha mempercepat penyelesaian program digitalisasi…

19 November 2020 | 09:15 WIB