Categories: Surabaya

Terimakasih HCML, Sudah Peduli pada Nelayan Desa Pulau Mandangin

Share

URBANNEWS.ID - Husky CNOOC Madura Limited (HCML) – SKK Migas telah menyerahkan bantuan jaring kepada para nelayan purse sein di Desa Pulau Mandangin, Sampang, Madura, Jawa Timur, Minggu (18/10/2020) lalu. Bantuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peningkatan produksi nelayan.

Senior Head of Relation Husky CNOOC Madura Limited (HCML), Hamim Tohari mengatakan, bantuan jaring merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat (PPM) yang langsung menyasar nelayan sebagai kelompok yang bersentuhan dengan operasi. “Program sejenis ini mendapatkan perhatian lebih serius dari HCML,” katanya.

HCML, lanjut Hamim, berkomitmen untuk terus membantu masyarakat Pulau Mandangin, utamanya kelompok nelayan agar produksi hasil tangkapannya semakin meningkat. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami juga sangat bergembira dengan munculnya kelompok-kelompok masyarakat yang peduli terhadap proses pemberdayaan masyarakat. HCML sangat mengapresiasi hal ini,” tambahnya.

Sementara itu, Saiful Anam, Kepala Desa Pulau Mandangin mengatakan, PPM HCML 2020 berupa bantuan jaring untuk nelayan purse sein merupakan usulan dari para nelayan yang dihadiri oleh semua pemilik kapal purse sein.

“Alhamdulillah semua nelayan hadir menerima jaring purse sein ini,” ucapnya, usai acara penyerahan yang digelar di Balai Desa setempat.

Meski demikian, Saiful berharap program pemberdayaan kepada nelayan terus ditindaklanjuti oleh perusahaan, terutama program yang menyasar nelayan kecil yang jumlahnya ribuan.

“Tentunya juga program di bidang kesehatan dan pendidikan agar dilaksanakan pada tahun berikutnya,” imbuhnya.

Sementara itu, bantuan jaring melalui PPM HCML 2020 itu diakui sangat dirasakan manfaatnya langsung oleh para nelayan purse sein Pulau Mandangin. Sebab, di masa pandemi seperti saat ini, para nelayan merupakan kelompok yang paling terdampak Covid-19.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi nelayan. Ini juga menepis keresahan dan uneg-uneg para nelayan terhadap HCML,” ucap Asmarah, pemilik Kapal Semanggis kepada MaduraIndepth.com usai menerima bantuan jaring.

Hal senada juga dikatakan oleh Hasan, pemilik Kapal Purse Sein Salero. Menurutnya, PPM HCML 2020 yang dialokasikan ke jaring purse sein sangat bagus karena manfaatnya dirasakan langsung oleh para nelayan. “Terimakasih kepada HCML yang peduli terhadap nelayan desa Pulau Mandangin,” katanya.

Hal sama juga disampaikan Muarrof. Pemilik Kapal Purse Sein Pusat ini mengaku senang dengan bantuan jaring dari HCML. Menurut dia, dibanding program pemberdayaan kepada nelayan sebelumnya, baru kali ini yang benar-benar manfaatnya terasa ke nelayan langsung.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, dimana para nelayan serba kesulitan,” tuturnya.(hen/maduraindepth.com)

Berita Terbaru

Hadir di Makassar, MG Siapkan Area Showroom Super Luas dan Garansi 5 Tahun Tanpa Batas Kilometer

URBANNEWS.ID - Mendekati satu tahun kehadirannya di Indonesia, MG kian agresif untuk menjangkau lebih banyak konsumen Indonesia dengan meresmikan kehadirannya…

30 November 2020 | 20:25 WIB

Pemkab Bekasi Beli Bak Sampah Rp 1,8 Miliar Lebih, Kaki Publik Minta KPK dan Kejari Melakukan Pemeriksaan

URBANNEWS.ID - Kabupaten Bekasi menjadi daerah yang bermasalah dengan sampah. Tidak aneh bila sering kali Kabupaten Bekasi menjadi daerah yang…

28 November 2020 | 19:08 WIB

Soal Royalti Hilirisasi Batubara Nol Persen, CERI: DPR Kok Baru Ribut Sekarang

URBANNEWS.ID - Pertanyaan soal royalti nol persen untuk hilirisasi batubara dari sebagian anggota Komisi VII DPR RI kepada Menteri ESDM…

25 November 2020 | 16:09 WIB

Sekjen dan Kabiro KLIK Kementerian ESDM Bungkam Soal FAME Biosolar Tak Ekonomis

URBANNEWS.ID - Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Ego Syahrial tidak memberikan tanggapan atas pernyataan Direktur…

19 November 2020 | 23:07 WIB

Proyek Gedung DPRD Purbalingga Kemahalan Rp 1,5 Miliar, CBA Minta KPK Periksa Bupati Dyah Hayuning Pratiwi

URBANNEWS.ID - Lembaga Center for Budget Analysis (CBA) menemukan dugaan penyelewengan anggaran pada Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Dugaan penyelewengan anggaran ini…

19 November 2020 | 22:33 WIB

Direktur Enterprise Telkom: Kami Berusaha Mempercepat Penyelesaian Program Digitalisasi SPBU Pertamina

URBANNEWS.ID - Direktur Enterprise dan Business Service PT Telkom Tbk, Edi Witjara menegaskan Telkom terus berusaha mempercepat penyelesaian program digitalisasi…

19 November 2020 | 09:15 WIB