Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Optimis Tupoksi DPR Bisa Terlaksana Baik Pascapengangkatan Lodewijk F Paulus

oleh -

KETUA DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menerima nama pengganti Azis Syamsuddin yang mengundurkan diri dari posisi Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam). Surat permohonan nama pengganti Azis disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Airlangga menyampaikan surat pergantian nama Wakil Ketua DPR dari unsur Golkar didampingi Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Kahar Muzakir di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9/2021). Puan didampingi Wakil Ketua DPR DR. Ir. Sufmi Dasco Ahmad SH. MH. saat menerima Airlangga dan jajaran pengurus Partai Golkar.

“Kami pimpinan DPR RI, saya bersama dengan Pak Dasco telah menerima surat pergantian langsung dari Ketua Umum Golkar, Pak Airlangga, perihal pengunduran diri dari Bapak Azis Syamsuddin sebagai pimpinan DPR RI periode 2019-2024,” kata Puan dalam konferensi pers bersama Airlangga Hartarto.

Menurut Puan, DPR akan melalukan mekanisme selanjutnya mengenai pergantian pimpinan DPR dari unsur Golkar. Hal ini, kata Puan, sesuai dengan Pasal 47 Peraturan DPR RI No 1 tahun 2020 tentang Peraturan Tata Tertib DPR. “Maka DPR akan memproses pergantian wakil ketua DPR dari Partai Golkar, untuk diteruskan ke paripurna,” tutur mantan Menko PMK tersebut.

Puan kemudian meminta Airlangga untuk mengumumkan nama pengganti Azis Syamsuddin. Anggota Komisi I DPR RI Lodewijk F Paulus dipilih Golkar untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Azis Syamsuddin yakni Wakil Ketua DPR RI Bidang Polkam.

“Partai Golkar telah memutuskan menunjuk saudara H Lodewijk F Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan saudara Azis Syamsuddin,” ungkap Airlangga saat diminta Puan menyampaikan nama yang diajukan Golkar sebagai pengganti Azis Syamsuddin.

Nama Lodewijk akan dibawa dalam Rapat Paripurna Kamis (30/9/2021), untuk dimintai persetujuan seluruh anggota DPR. Puan mengatakan, mekanisme tersebut sudah dibahas dalam rapat konsultasi pengganti Bamus kemarin, Selasa (28/9/2021).

“Dengan disetujui dan disepakatinya pergantian pimpinan DPR RI atau Wakil Ketua DPR RI Bidang Polhukam yang mewakili unsur Partai Golkar, maka dalam waktu yang tidak lama akan ada pergantian Wakil ketua DPR RI dari Partai Golkar,” ucapnya.

Lodewijk menggantikan Azis Syamsuddin yang mengundurkan diri karena sedang menjalani proses hukum. “Kami dari pimpinan DPR menghargai dan menghormati proses hukum tersebut sesuai dengan apa yang dilaksanakan saat ini terkait dengan masalah yang sedang dihadapi Bapak Azis Syamsuddin,” tegas Puan.

Sosok yang Sudah Teruji

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad berharap Lodewijk dapat mengisi kekosongan kursi Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan pasca ditinggalkan Azis Syamsuddin.

Kemudian, kata Dasco, yang terpenting adalah Lodewijk bisa menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai pimpinan DPR.

“Saya pikir kita dengan diisi kekosongan Wakil Ketua DPR RI bisa menjalankan Tupoksi masing-masing, sehingga kekosongan yang selama ini ada kemudian tugas-tugasnya bisa dipenuhi,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Perihal track record Lodewijk, menurut Dasco sosok Sekjen Partai Golkar ini sudah cukup teruji. Sehingga tidak perlu ada keraguan lagi terhadap sosok Lodewijk menjadi Pimpinan DPR.(Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *