Gelar Kursus Manajemen Pengamanan Stadion Sepak Bola, Polri Undang Lima Profesor dari Inggris

oleh
EFFC28C0 0C3F 4C9B B57E 49CF93DC37DF

JAKARTA – Asisten Kapolri Bidang Operasi (As Ops), Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi membuka kegiatan kursus manajemen pengamanan stadion atau Stadium Security Management Course di Century Park Hotel, Jakarta. Kuraus digelar selama sembilan hari, mulai Rabu (25/1/2023).

Menurut Agung, kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan kompetensi, terutama penyelenggara dan pelaksana agar memiliki kompetensi yang baik dalam pengamanan pertandingan sepak bola.

“Diharapkan melalui kursus keamanan stadion dapat berjalan dengan baik, dan pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi dalam pengamanan dan penyelenggaraan,” kata Agung, Rabu (25/1/2023).

Menurut Agung, program kursus ini mendatangkan lima pengajar dari Coventry University Inggris, yaitu Prof. Mike Hardy, Prof. John Cudihy, Patrick O’Callahan, Callum Gleny dan Prof. Mclhatton.

Baca Juga  Anak Usaha Pertamina Hulu Energi Ini Ditantang CERI 'Buka-bukaan' Data Tender Rig Ratusqn Miliar di Hadapan Penegak Hukum

“Nanti mereka menjadi pemateri, peserta diharapkan mampu menyerap ilmunya dan menambah kemampuan bagi peserta,” tegasnya.

Peserta kursus terdiri dari 56 personel Polri dari berbagai satuan kerja, serta 10 personel eksternal dari Kementerian PUPR, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Kesehatan, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), dan PT Liga Indonesia Bersatu (LIB).

Menurut Agung, metode dalam kegiatan kursus dimaksud terdiri pelajaran kelas, pengenalan stadion, serta simulasi pengamanan di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Agung menyebutkan tujuan penyelenggaraan kursus tersebut, yakni agar terwujudnya pemahaman yang utuh tentang kesiapan pelaksanaan pengamanan stadion dalam rangka penyelenggaraan kompetisi sepak bola yang meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pengamanan, komando dan pengendalian.

Baca Juga  KSPSI Dukung Mogok Kerja di Kebun Sawit Lonsum Milik Grup Salim, Jumhur: Sudahlah Anthony Salim, Berikan Bonus Itu...

“Penyelenggaraan pengamanan pertandingan saat ini menjadi penting untuk diselenggarakan, untuk pertandingan menjadi kondusif,” jelasnya.

Sementara Prof. John Cudihy mengatakan, pihaknya datang ke Indonesia untuk membantu pihak keamanan serta pihak penyelenggara untuk manajemen pengamanan menjadi lebih baik, sehingga dapat mengurangi resiko yang mengancam atau tidak diinginkan di lapangan.

Menurut John, kegiatan ini fokus dalam pembenahan sepak bola di Indonesia agar terasa aman, penyelenggara agar dapat mengetahui pengamanan skala nasional maupun internasional.

“Suatu tantangan bagi kami dalam membantu proses pengelolaan pengamanan sepak bola di Indonesia agar dapat menjadi lebih baik ke depanya,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.