Peringati Hari Perempuan Internasional, Pertamina Berdayakan UMKM Wanita di Ajang DhawaFest Pesona 2023

oleh
Peringati Hari Perempuan Internasional Pertamina Berdayakan UMKM Wanita di Ajang DhawaFest Pesona 2023
Peringati Hari Perempuan Internasional, Pertamina Berdayakan UMKM Wanita di Ajang DhawaFest Pesona 2023

JAKARTA – Sebagai bentuk penghargaan kepada para perempuan khususnya pelaku UMKM, dimana perempuan sebagai salah satu kunci akselerasi pemulihan ekonomi. PT Pertamina (Persero) mengajak UMKM binaannya pada ajang DhawaFest Pesona 2023 di gedung Dhanapala, Komplek Kementerian Keuangan Jakarta Pusat, pada 8-10 Maret 2023.

Bertajuk UMKM Pulih dan Bangkit Lebih Kuat, Dhawafest Pesona 2023 kembali hadir setelah 3 tahun vakum akibat pandemi Covid-19, ini merupakan kali ke-10 semenjak pertama kali kegiatan ini diadakan pada tahun 2010. Sebanyak 250 stand hadir di pameran Dhawafest, dimana 95% diantaranya merupakan pelaku UMKM binaan unit Kemenkeu, binaan BUMN, dan instansi Pemerintah maupun swasta.

Melalui kegiatan ini, Pertamina juga memperoleh apresiasi sebagai salah satu mitra DhawaFest Pesona 2023 yang diserahkan langsung oleh Ketua DWP Kemenkeu, Wati Heru Pambudi kepada VP CSR & SMEPP Pertamina, Fajriyah Usman.

“Pertamina berkomitmen untuk terus mendukung perekonomian masyarakat Indonesia khususnya UMKM perempuan. Pertamina berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kualitas produk UMKM perempuan agar dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif, serta memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi masyarakat Indonesia,” ujar Fajriyah di sela-sela kunjungannya ke booth UMKM binaan Pertamina.

Baca Juga  Dukung Program Penurunan Stunting, Sido Muncul Donasikan Rp 285 Juta Bantu 95 Anak Suspect Stunting di Semarang

Astrid Lucky Al Firman selaku ketua panitia DhawaFest Pesona 2023, menyampaikan gelaran DhawaFest merupakan salah satu wujud kepedulian DWP Kemenkeu dalam mendukung program Pemerintah untuk membangkitkan para pelaku UMKM. “Pada DhawaFest kali ini, kami mengusung tagline UMKM Pulih dan Bangkit Lebih Kuat, hal ini sesuai untuk menjadikan DhawaFest Pesona 2023 sebagai salah satu media untuk membangkitkan kembali para pelaku UMKM yang sempat terdampak akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dengan semangat terus berkembang dan dukungan kepada para UMKM Indonesia, DhawaFest Pesona 2023 mengangkat hasil karya seniman, pengrajin dan penyandang disabilitas, serta menampilkan produk UMKM yang menggunakan bahan ramah lingkungan.

Dalam ajang DhawaFest Pesona 2023 kali ini, Pertamina memberdayakan UMKM perempuan dengan menghadirkan aneka produk lokal yang siap untuk dipamerkan, diantaranya Rumah Kebaya Vielga, merupakan produk kebaya modern yang mengembangkan kain bordir dari Desa Simalanggang, Payakumbuh, Sumatera Barat. Monalisa Collection yang memproduksi kerajinan tangan berbahan dasar karung goni, usaha yang bergerak di bidang fashion, craft dan aksesoris.

Selain itu, Oniecraft hadir dengan memamerkan produk kerajinan Indonesia dengan material utama silver 925 filigree yang didesign menjadi varian produk yang menarik. Meeta Fauzan dan Rumah Jahit Luck-U, merupakan brand Busana Muslim, kerudung dan mukena dengan ciri khasnya, serta Rumah Kayu Bordir yang megembangkan bordir manual dengan motif tradisional khas Priangan Timur, Tasikmalaya.

Baca Juga  Entrasol Master Run 2023: Inspirasi Hidup Sehat dan Mandiri Hingga Usia Senja

N. Rosita, Pemilik Monalisa Collection mengaku senang bisa mengikuti pameran yang di gelar di Gedung Dhanapala Jakarta. Monalisa Collection memproduksi kerajinan berbahan dasar karung goni yang mengangkat kearifan lokal, berupa tas, sepatu, dompet, toples, souvenir, dan pernak pernik cermin dilapisi karung goni yang bahan bakunya berasal dari limbah daur ulang, dan dipadukan dengan kain perca, batik, bambu serta batu alam, selain itu juga memproduksi aksesoris dan kerudung.

“Bahan bakunya alami, dibuat dari serat pohon yang ramah lingkungan. Dan juga sisa dari bahan baku yang tidak terpakai digunakan untuk membuat aksesoris yang dikombinasikan dengan kain perca, jadi tidak ada yang terbuang,” ujar Rosita.

Melalui Program Kemitraan, Pertamina terus mendukung pengembangan produk-produk UMKM seperti yang dilakukan para mitra binaan Pertamina. Dengan naik kelasnya UMKM, diharapkan dapat menimbulkan efek domino yang positif yaitu terciptanya inovasi produk di-iringi dengan meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia dan terbukanya lapangan kerja sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga  Pertamina Eco-RunFest 2022 Ajak Pengunjung Galakkan Gaya Hidup Berkelanjutan

Keikutsertaan UMKM binaan Pertamina dalam DhawaFest Pesona 2023 diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk UMKM sehingga dapat meningkatkan potensi pasar dimana produk-produk UMKM dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk para generasi muda agar mendorong kreativitas para pelaku UMKM dalam berkarya. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian Pertamina bersama mitra dalam mendukung pelestarian lingkungan untuk memproduksi dan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan.

Keterlibatan UMKM binaan dalam DhawaFest Pesona 2023, merupakan salah satu dukungan Pertamina sebagai BUMN dalam pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) khususnya point 12 yakni Konsumsi dan Produksi yang bertanggung jawab dan point 8 terkait penyediaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi serta implementasi program – program berbasis ESG (Environmental, Social and Governance) di seluruh wilayah operasional Pertamina. Melalui program-program UMKM dan semangat Energizing Your Future, Pertamina berupaya terus mendorong setiap UMKM Binaan menjadi UMKM naik kelas dan Go Global.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.