Pelabuhan Kerry Siam Mengoptimalkan Operasi dan Mengurangi Emisi Karbon

oleh
IMG 7491 scaled
DCIM100MEDIADJI_0007.JPG

BANGKOK – Kerry Siam Seaport Limited (KSSP) pelabuhan laut dalam serbaguna di Laem Chabang, Thailand, hari ini mengumumkan peningkatan operasional standar yang dicapai melalui program optimalisasi yang dilakukan dalam kemitraan dengan Kaleris, penyedia solusi teknologi rantai pasokan terkemuka termasuk Sistem Operasi Terminal Navis.

Program ini mengoptimalkan Sistem Operasi Terminal Navis N4 untuk mengurangi jarak mengemudi truk sebesar 20 persen dan penanganan ulang kontainer sebesar 10 persen, sehingga secara signifikan meningkatkan produktivitas dan menurunkan emisi karbon.

KSSP adalah bagian dari Kerry Logistics Network, sebuah perusahaan logistik pihak ketiga global yang berkantor pusat di Hong Kong, dengan portofolio bisnis yang sangat terdiversifikasi dan cakupan luas di seluruh Asia.

Kerry Logistics Network menawarkan berbagai solusi rantai pasokan, termasuk logistik terintegrasi, pengiriman barang internasional untuk udara, laut, jalan raya, kereta api dan multimoda, dan e-commerce untuk logistik proyek industri dan investasi infrastruktur.

Baca Juga  Pendaftar Subsidi Tepat di Jambi Terus Bertambah, Pertamina Berkomitmen Salurkan BBM Tepat Sasaran

Seiring dengan pertumbuhan volume tahunan KSSP yang terus meningkat dan melampaui satu juta TEU, terminal secara proaktif meluncurkan program optimalisasi untuk memastikan operasinya dapat ditingkatkan dengan cara yang paling efisien, berkelanjutan, dan hemat biaya.

KSSP melibatkan Kaleris Optimization Services, sebuah tim konsultan ahli yang berspesialisasi dalam praktik terbaik operasional yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi di pelabuhan dan terminal peti kemas laut.

Tim Kaleris Optimization Services bekerja sama dengan KSSP untuk mengidentifikasi peluang perbaikan dalam strategi pekarangan, pengoperasian terminal truk, dan perencanaan kapal.

Selain itu, KSSP mengimplementasikan modul perangkat lunak perencanaan dan optimasi tingkat lanjut di Navis N4 termasuk, Quay Commander, Berth Window Manager, Expert Decking, Prime Route, dan Autostow.

Baca Juga  Laksanakan Closing Project Financing, Pertamina Dapatkan USD 3,1 Miliar untuk Pendanaan Proyek RDMP Kilang Balikpapan

KSSP merasakan manfaat yang signifikan dari program optimalisasi tersebut, yang meliputi:

  • Mengurangi jarak mengemudi truk terminal tanpa muatan sebesar 20 persen, sehingga menghasilkan penghematan bahan bakar sebesar 190.000 liter per tahun.
  • Mengurangi penanganan ulang kontainer sebesar 10% dan kejadian kegagalan dek menjadi hampir nol.
  • Peningkatan produktivitas quay crane sebanyak satu poin, memberikan percepatan layanan bagi pelanggan.
  • Dilengkapi perencana pekarangan dengan alat untuk mengelola pekarangan secara lebih strategis.
  • Peningkatan kolaborasi dengan koordinator penyimpanan jalur pelayaran, peningkatan rencana kerja kapal dan derek.
  • Mengurangi waktu tunggu drayage, menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi komunitas angkutan truk KSSP.

“Layanan Optimasi Kaleris menghasilkan ROI yang penting bagi kami, sehingga menjadikannya layak untuk investasi,” kata Sirirat Srerattanamongkon, Direktur KSSP.

“Kaleris memberikan pengetahuan operasional yang tak tertandingi serta pendekatan khusus yang mempertimbangkan keunikan operasi terminal kami sekaligus berbagi praktik terbaik industri. Program pengoptimalan meningkatkan cara kerja dan memberikan hasil nyata.”

Baca Juga  Sambut Momen Libur Akhir Tahun, BSI Siapkan Uang Tunai Rp12,2 Triliun

“Kami menghargai kesempatan untuk bermitra dengan KSSP dan membantu mereka mengoptimalkan operasional terminal,” kata Molly Harrison, COO Kaleris.

“Dengan menyesuaikan pengetahuan kami tentang praktik terbaik operasional global agar selaras dengan kebutuhan lokal, kami merancang solusi kreatif untuk mengatasi berbagai tantangan KSSP dan meningkatkan produktivitas. KSSP berada pada posisi yang tepat untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya.”

“Kolaborasi kami dengan KSSP merupakan contoh kemitraan yang ideal,” kata Alvin Thottukadavil, Sr. Direktur Layanan Optimasi. “Bersama-sama kami mengembangkan cara untuk mengatasi pemanfaatan halaman yang sangat tinggi dan berhasil mengatasi jarak berkendara yang di atas rata-rata dari halaman ke dermaga.”(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.