Hotel Tentrem Perketat Prokes dengan Sinar UVC

oleh -
Petugas memasang teknologi UVC di Hotel Tentrem. foto/kumparan.com/dok Hotel Tentrem

URBANNEWS.ID – Manajemen Hotel Tentrem Semarang dan Yogyakarta tak mau ambil resiko dengan wabah Covid 19. Mereka sangat menyadari perlu adanya pengaman ekstra untuk memastikan keamanan dan higienitas layanan perhotelan terkait wabah Covid 19.

Untuk itu, Hotel Tentrem Yogyakarta dan Hotel Tentrem Semarang tak hanya menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, menyiapkan hand sanitizer, mengecek suhu tubuh, dan melakukan sterilisasi dengan disenfektan saja. Hotel Tentrem juga memasang sinar UVC di jalur-jalur AC untuk mengantisipasi virus yang ada di ruangan.

Dilansir LIPI, penggunaan sinar radiasi ultraviolet C (UVC) merupakan salah satu metode dalam sterilisasi. Sinar radiasi UVC memiliki kemampuan untuk melemahkan mikroorganisme, termasuk bakteri dan virus pada suatu permukaan benda maupun ruangan.

Hotel Tentrem Yogyakarta. foto/ist

Dilansir kumparan.com, Direktur Utama PT Hotel Candi Baru (Hotel Tentrem), Irwan Hidayat mengatakan, upaya ini merupakan new standard cleaning protocol.

Menurutnya, protokol kebersihan harus lebih ditingkatkan dan lebih detail termasuk kebersihan udara di hotel termasuk di setiap kamarnya. Sebab sterilisasi ruangan semakin penting untuk menekan mata rantai penyebaran COVID-19.

Penerapan teknologi UVC di Hotel Tentrem diletakkan di central Air Handling Unit dan setiap Fan Coil Unit yang ada di setiap kamar dan area publik seperti lobby, restoran, ruang pertemuan, kids playground, fitness dan spa.

Lampu UVC diletakkan pada unit sistem pendingin udara dan diatur sedemikian rupa sehingga pancaran sinarnya tidak membahayakan makhluk hidup.

“Penerapan protokol kesehatan dimulai sejak tamu masuk ke dalam hotel hingga ketika tamu sudah melakukan proses check-out. Saat tamu keluar di kamar kita langsung sterilisasi dengan disinfektan dan menggunakan UVC selama beberapa jam dalam keadaan ruang kosong tanpa tamu atau petugas,” kata Irwan.

Selain itu, penggunaan lampu UVC di Hotel Tentrem juga memperhatikan masa pemakaiannya. Sebab lampu UVC hanya dapat digunakan selama 15.000 jam, setelah itu harus diganti.

Teknologi UVC Light sudah terpasang di Hotel Tentrem Yogyakarta dan Hotel Tentrem Semarang sejak awal September 2020 di area kamar dan area publik yaitu lobby, restoran, spa dan fitness .

“Kami juga mengikuti protokol kesehatan dengan ketat. Setiap hari kami melakukan sterilisasi semua kamar tidur dan ruang-ruang yang lain, penggunaan masker bagi setiap orang. Selain itu kami hanya menerima tamu maksimal 50 persen dari kapasitas,” papar Irwan.

Tidak hanya itu, tamu juga sebelum masuk juga diperiksa suhu tubuhnya dan wajib memakai masker. Makanan pun sangat dijaga oleh pihak hotel, tamu pun diberikan sendok garpu yang sudah dibungkus secara individual jadi tidak tercampur dengan yang lain.

“Makanan juga tidak bisa pilih sendiri, diambilin, ada juga yang kita masak per individu jadi modelnya tidak prasmanan lagi,” jelas Irwan.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, upaya ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan, keselamatan dan ketentraman tamu dan karyawan Hotel Tentrem.

“Ini merupakan prioritas utama kami. Kami berharap, tamu tetap dapat menikmati saat-saat yang menentramkan selama berada di Hotel Tentrem dengan rasa aman.” tutup Irwan.(hen/kumparan.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *