Categories: Surabaya

Terimakasih HCML, Sudah Peduli pada Nelayan Desa Pulau Mandangin

Share

URBANNEWS.ID - Husky CNOOC Madura Limited (HCML) – SKK Migas telah menyerahkan bantuan jaring kepada para nelayan purse sein di Desa Pulau Mandangin, Sampang, Madura, Jawa Timur, Minggu (18/10/2020) lalu. Bantuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peningkatan produksi nelayan.

Senior Head of Relation Husky CNOOC Madura Limited (HCML), Hamim Tohari mengatakan, bantuan jaring merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat (PPM) yang langsung menyasar nelayan sebagai kelompok yang bersentuhan dengan operasi. “Program sejenis ini mendapatkan perhatian lebih serius dari HCML,” katanya.

HCML, lanjut Hamim, berkomitmen untuk terus membantu masyarakat Pulau Mandangin, utamanya kelompok nelayan agar produksi hasil tangkapannya semakin meningkat. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami juga sangat bergembira dengan munculnya kelompok-kelompok masyarakat yang peduli terhadap proses pemberdayaan masyarakat. HCML sangat mengapresiasi hal ini,” tambahnya.

Sementara itu, Saiful Anam, Kepala Desa Pulau Mandangin mengatakan, PPM HCML 2020 berupa bantuan jaring untuk nelayan purse sein merupakan usulan dari para nelayan yang dihadiri oleh semua pemilik kapal purse sein.

“Alhamdulillah semua nelayan hadir menerima jaring purse sein ini,” ucapnya, usai acara penyerahan yang digelar di Balai Desa setempat.

Meski demikian, Saiful berharap program pemberdayaan kepada nelayan terus ditindaklanjuti oleh perusahaan, terutama program yang menyasar nelayan kecil yang jumlahnya ribuan.

“Tentunya juga program di bidang kesehatan dan pendidikan agar dilaksanakan pada tahun berikutnya,” imbuhnya.

Sementara itu, bantuan jaring melalui PPM HCML 2020 itu diakui sangat dirasakan manfaatnya langsung oleh para nelayan purse sein Pulau Mandangin. Sebab, di masa pandemi seperti saat ini, para nelayan merupakan kelompok yang paling terdampak Covid-19.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi nelayan. Ini juga menepis keresahan dan uneg-uneg para nelayan terhadap HCML,” ucap Asmarah, pemilik Kapal Semanggis kepada MaduraIndepth.com usai menerima bantuan jaring.

Hal senada juga dikatakan oleh Hasan, pemilik Kapal Purse Sein Salero. Menurutnya, PPM HCML 2020 yang dialokasikan ke jaring purse sein sangat bagus karena manfaatnya dirasakan langsung oleh para nelayan. “Terimakasih kepada HCML yang peduli terhadap nelayan desa Pulau Mandangin,” katanya.

Hal sama juga disampaikan Muarrof. Pemilik Kapal Purse Sein Pusat ini mengaku senang dengan bantuan jaring dari HCML. Menurut dia, dibanding program pemberdayaan kepada nelayan sebelumnya, baru kali ini yang benar-benar manfaatnya terasa ke nelayan langsung.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, dimana para nelayan serba kesulitan,” tuturnya.(hen/maduraindepth.com)

Berita Terbaru

Lieus Sungkharisma Minta Polisi Tangkap Ambroncius Nababan, Ketua Relawan Jokowi yang Hina Natalius Pigai

URBANNEWS.ID - Koordinator Forum Rakyat, Lieus Sungkharisma, meminta aparat kepolisian bersikap adil dengan menangkap Ketua relawan Pro Jokowi Amin (Projamin),…

24 Januari 2021 | 10:18 WIB

TP3 Nyatakan Telah Terjadi Pembantaian Terencana atas Enam Laskar FPI

URBANNEWS.ID - Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) atas peristiwa pembunuhan enam laskar FPI, Kamis (21/1/2021) mengeluarkan pernyataan sikap resmi mereka.…

21 Januari 2021 | 22:09 WIB

Andre Nasution Nyatakan Kesiapan untuk Bangkitkan Kejayaan ORARI Riau

URBANNEWS.ID - Achmad Novian Nasution menyatakan siap menjadi Ketua Organisasi Radio Amatir (ORARI) Provinsi Riau periode 2021-2026. Pria yang lebih…

20 Januari 2021 | 19:51 WIB

Perusahaan Jasa Konstruksi Menang Lelang Pekerjaan Jasa Kebersihan di Kemendes, CBA: KPK Harus Usut Ini dan Panggil Menteri Desa

URBANNEWS.ID - Center for Budget Analysis (Lembaga CBA) menemukan dugaan penyelewengan anggaran pada Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi. Dugaan penyelewengan…

19 Januari 2021 | 21:01 WIB

Pertamina Digugat Mozambik Rp 40 Triliun, Pemerintah Bertanggungjawab!

PADA Februari 2019 Pertamina telah menandatangani perjanjian jual beli (sale and purchase agreement, SPA) dengan Anadarko Petroleum Corporation untuk pembelian…

16 Januari 2021 | 21:44 WIB

Gelar Tinc Batch 6, Telkomsel Dorong Kolaborasi dalam Pengembangan Potensi Digital Inovator Lokal

URBANNEWS.ID – Program Telkomsel Innovation Center (Tinc) kembali membuka kesempatan bagi seluruh talenta unggul di bidang teknologi digital dari seluruh…

15 Januari 2021 | 10:17 WIB