Ketua Banggar DPR Said Abdullah Kritik Pertamina Masih Salurkan BBM Jenis Premium, Pengamat: Sesat Berpikir!

URBANNEWS.ID – Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman menyayangkan sikap Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah mengkritik Pertamina. Kritik Said itu lantaran Pertamina masih menyalurkan BBM Premium. Kritikan Said Abdullah itu tayang di TV Parlemen pada 7 April 2021.

“Padahal, masih beredarnya Premium itu adalah karena kebijakan Pemerintah. Pertimbangannya daya beli rakyat dan kemampuan kilang Pertamina. Kilang Pertamina sejak dulu di bangun untuk memproduksi Premium dan Solar. Apalagi Kilang RDMP belum ada yang selesai” ungkap Yusri kepada urbannews.id, Kamis (8/4/2021).

Yusri mengatakan, sebaiknya Said Abdullah sebelum bicara dalam forum terhormat itu, lebih banyak bertanya dan membaca terlebih dahulu. Terutama tentang Peraturan Presiden Nomor 191 tahun 2014. Beleid ini kemudian di rubah dengan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga jual eceran BBM.

“Jadi, Pertamina sebagai badan usaha hanya menjalankan penugasan oleh Pemerintah soal penyediaan dan penyaluran BBM Premium dan Biosolar sebagai BBM subsidi tetap. Sehingga soal berapa harga jualnya saja sangat di tentukan oleh Pemerintah,” lanjut Yusri.

Menurut Yusri, Pertamina hanya boleh menentukan harga jual BBM umum sesuai harga keekonomiannya, yaitu sesuai Kepmen ESDM Nomor 62K/2/ 2020 yang di tandatangani Menteri ESDM pada 28 Febuari 2020.

“Adapun penentuan harga jenis BBM umum yang merupakan wewenang Pertamina adalah Pertalite, Pertamax 92 dan Pertamax Turbo serta Dexlite dan Pertadex. Jadi, kalau mau protes soal masih ada Premium di jual, silahkan protes ke Presiden dan Menteri ESDM,” tukas Yusri.

“Makanya bro Said Abdullah jangan kebanyakan merokok di dalam private jet makan gaji dari rakyat, namun tak paham kondisi realitas rakyat yang masih mau minum premium,” sentil Yusri.(hen)

Baca juga:

Dirut PGN Kembali Bungkam Ditanya Konsistensi Pernyataannya Terkait Mitra Investasi Proyek Pipa Blok Rokan

Bagikan

One thought on “Ketua Banggar DPR Said Abdullah Kritik Pertamina Masih Salurkan BBM Jenis Premium, Pengamat: Sesat Berpikir!”

Comments are closed.