HK Wujudkan Character Building pada Anak Usia Sekolah

oleh
HK Wujudkan Character Building pada Anak Usia Sekolah
HK Wujudkan Character Building pada Anak Usia Sekolah

BENGKULU – Sambut HUT ke-62, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui program TJSL HK Peduli Pendidikan melakukan aksi nyata sebagai sebagai bentuk dukungan untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, dengan menyalurkan bantuan sarana dan prasarana pendidikan sekaligus menyelenggarakan kegiatan HK Mengajar di beberapa sekolah yang berada di Provinsi Bengkulu. Berkolaborasi dengan BUMN Muda Hutama Karya, rangkaian kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 8-11 Maret 2023.

Bertempat di SMK IT Arsitek Kota Bengkulu, kegiatan ini dibuka langsung oleh Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, Kepala Unit TJSL Hutama Karya Agus Kosasih, serta Branch Manager Tol Bengkulu – Taba Penanjung Medya Gustian. Pada seremonial ini juga dilakukan serah terima bantuan pendidikan dari Hutama Karya kepada sekolah- sekolah penerima bantuan.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa Program HK Mengajar ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan sosial masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan oleh relawan yang merupakan Insan Hutama, serta mewujudkan character building pada anak usia sekolah agar dapat memiliki pola pikir serta perilaku positif dalam hubungan sosial masyarakat.

Baca Juga  UMKM Binaan Pertamina Siap Hadirkan Produk Unggulan di Pameran INACRAFT 2023

Kegiatan HK mengajar oleh 13 relawan ini dilaksanakan di tiga sekolah, yakni PAUD A Syifa, SMK IT Arsitek Kota Bengkulu dan SMKN 2 Kota Bengkulu. Kegiatan mengajar difokuskan pada penanaman karakter (character building) dan pengenalan dunia konstruksi pada siswa tingkat SMK dalam bentuk teori dan praktik secara langsung sehingga para siswa memiliki pengalaman menarik serta gambaran mengenai dunia konstruksi yang lebih luas. Sementara pada tingkat PAUD, materi pembelajaran berupa pengenalan angka dan huruf, mewarnai, serta bernyanyi bersama-sama.

“Rata-rata relawan ini merupakan engineer dari beberapa proyek HK Group, harapannya para siswa mendapatkan bekal yang relevan dari dunia industri profesional sehingga dapat mempersiapkan mereka jika ingin menjadi engineer nantinya,” ujar Tjahjo.

Baca Juga  SME’s HUB ASEAN Summit, Momentum UMKM Pertamina Menuju Pasar Internasional

Lebih lanjut Tjahjo menambahkan bahwa program ini memiliki segudang manfaat yang dapat dirasakan tidak hanya bagi masyarakat sekitar, namun juga berperan bagi pengembangan komunitas dan anak-anak, dan menumbuhkan konsistensi terhadap continuous learning and improvement sebagai bagian dari budaya dan etos kerja yang harus dimiliki oleh seluruh Insan Hutama.

Selain melakukan program HK Mengajar, Hutama Karya juga memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana yang telah disesuaikan dengan kebutuhan sekolah serta kegiatan mengajar yang harapannya memberikan kesan serta kebermanfaatan bagi para siswa di Provinsi Bengkulu

“Beberapa bantuan sarana dan prasarana berupa alat-alat penunjang pembelajaran seperti APE (Alat Permainan Edukatif) untuk PAUD dan peralatan pembelajaran konstruksi untuk SMK juta sebagai bentuk terima kasih atas dukungan masyarakat setempat atas percepatan pembangunan jalan tol di Bengkulu yang digarap oleh Hutama Karya. Semangat yang kami bawa ini sejalan dengan tema ulang tahun ke 62 Hutama Karya yakni untuk dapat bergerak lebih cepat dengan karya terbaik,” tutup Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Baca Juga  Marching Band Bukit Asam Ukir Prestasi di Tingkat Nasional

Sebagai catatan bahwa Hutama Karya telah berperan dan berpartisipasi aktif dalam program Pendidikan berkualitas di Indonesia, salah satunya pada Februari tahun 2023 Hutama Karya telah menyalurkan bantuan dukungan beasiswa pendidikan pada 15 Putra/i TNI dan Polri di wilayah Sumatera Barat. Nantinya akan berlanjut pada program Pendidikan lain pada tahun 2023. Seluruh rangkaian HK Mengajar di Provinsi Bengkulu ini telah mengacu pada ISO 26000 sekaligus Sustainable Development Goal (SDGs) No.4 tentang Pendidikan Berkualitas.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.