PIS Gandeng Mizuho Jepang untuk Pendampingan Credit dan ESG Rating serta Pendanaan Berbasis ESG

oleh
PIS Gandeng Mizuho Jepang untuk Pendampingan Credit dan ESG Rating serta Pendanaan Berbasis ESG
PIS Gandeng Mizuho Jepang untuk Pendampingan Credit dan ESG Rating serta Pendanaan Berbasis ESG

JAKARTA – PT Pertamina International Shipping (PIS) menyepakati kerja sama dengan Mizuho Bank, Ltd terkait pendampingan dalam memperoleh kredit rating dan rating ESG untuk pendanaan dalam pengembangan investasi perusahaan.

Kesepakatan kerja sama antara PIS dan Mizuho Bank, Ltd ditandatangani pada acara Asia Zero Emission Community (AZEC) di Hotel New Otani, Jepang, 3 Maret 2023. AZEC merupakan forum pertemuan public-private investment yang diselenggarakan oleh Ministry Economics, Trade, and Industry Japan (METI).

Turut hadir dalam momen kerja sama tersebut antara lain Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Direktur Pengembangan Bisnis PIS Wisnu Medan Santoso, Global Managing Director Mizuho Bank , dan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Yasutoshi Nishimura, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia Arifin Tasrif.

Baca Juga  Pertamina Jamin Stok BBM Aman Jelang Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja

“Mizuho akan membantu PIS untuk inisiatif dekarbonisasi melalui pendampingan atau advisory ESG yang bertujuan untuk memperluas sumber pendanaan yang berkelanjutan, di mana ini akan memberikan kontribusi untuk program dekarbonisasi Pertamina Group maupun untuk ekonomi nasional,” ujar Direktur Pengembangan Bisnis PIS Wisnu Medan Santoso.

PIS telah menunjuk Bank Mizuho sebagai advisor untuk rating kredit dan ESG perusahaan pada 10 Januari 2023 lalu. Proses pendampingan berlangsung untuk mencapai target rating kredit yang lembaga rating internasional seperti Fitch and Moody’s , serta rating ESG dari lembaga rating Sustainalytics yang diharapkan bisa rampung di tahun ini.

Sebagai Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) dari Pertamina Group, PIS memiliki komitmen dekarbonisasi dalam menjalankan bisnisnya, sekaligus terus menunjukkan peningkatan level tata kelola perusahaan (governance) dan transparansi proses bisnis yang bisa dicerminkan dalam rating kredit perusahaan. Penguatan ESG juga terus dilakukan dengan berbagai upaya, di antaranya adalah dengan proses pendampingan untuk mendapatkan sumber sumber dana berkelanjutan.(*)

Baca Juga  Musisi, Brand Lokal dan Hampir 20 Ribu peserta Siap Ramaikan Pertamina Eco RunFest 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.