Hamim Ingatkan Pertanian Menjadi Sektor Sangat Vital Bone Bolango

oleh
55489759 BDE9 4EB5 825D B0DDA8E754FE

BONE BOLANGO – Bupati Bone Bolango Hamim Pou kembali mengingatkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) klaster ekonomi bahwa pertanian ini menjadi sektor yang sangat vital untuk semua.
Hal ini diingatkan Bupati Hamim Pou pada pertemuan koordinasi program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling Up Innitiative (READSI) yang diintegrasikan dengan pengukuhan Ketua Kostratani dan Kostrada tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2021, di Aula Pertemuan Dinas Pertanian dan Peternakan Bone Bolango, Selasa (30/3/2021).
Hamim mengatakan lebih dari 70% warga Bone Bolango bergerak di sektor pertanian dengan kondisi sebagian besar para petani tersebut kondisinya masih termarjinalkan.”Rata-rata juga kalau kita melihat data, petani itu hanya sebagian kecil yang memiliki areal pertanian. Kepemilikan akan tanah pertanian itu relatif terbatas, rata-rata mereka adalah penggarap maupun buruh tani,”kata Bupati.
Disaat yang sama, lanjut Hamim, kita juga menghadap fakta bahwa banyak sekali lahan-lahan terbengkalai, yakni lahan-lahan tidur tidak termanfaatkan di Bone Bolango.
Sementara disaat yang sama juga, tambah Hamim, 72% kawasan Bone Bolango adalah hutan taman nasional, hutan lindung, dan hutan produksi terbatas. Maka ditengah komposisi penduduk kita yang sangat dominan para petani itu, kita harus melakukan berbagai upaya, terobosan, dan inovasi percepatan.“Ini tujuannya supaya petani juga semakin baik kualitas hidupnya,”pungkas Hamim.(*)

Baca Juga  AMPR: Ada Pihak PT PHR yang Memberikan Uang Kepada Mahasiswa untuk Bungkam Terhadap Permasalahan yang Terjadi di PHR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.