Kinerja Dekarbonisasi Tercapai, Pertamina Raih 2 Penghargaan Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024

oleh
20240530025532230 091108c268a6494cb1b254b3f0c13b7b
Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso, menerima 2 Penghargaan dalam ajang Transparansi dan Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 yang diselenggarakan oleh Investortrust.id dengan Bumi Global Karbon di Hotel Aryaduta, Rabu (29/5/2024).

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) raih dua penghargaan transparansi penurunan emisi korporasi terbaik 2024 kategori green elite dan transparansi perhitungan emisi korporasi terbaik 2024 kategori platinum plus, versi investortrust yang diselenggarakan di Jakarta, 29 Mei 2024.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan bahwa sejalan dengan komitmen Pertamina sebagai perseroan pemimpin di bidang transisi energi dan mendukung Net Zero Emission (NZE), hingga tahun 2023 Pertamina berhasil mencatatkan kinerja pengurangan emisi karbon hingga capaian 8,5 Juta Ton C02 atau setara 34% emisi.

“Ada kenaikan pada capaian pengurangan emisi tersebut hingga 9,6% dari tahun 2022, kinerja ini sesuai yang diprogramkan Pertamina dalam menghadapi trilema energi melalui tiga langkah inisiatif strategis,” jelas Fadjar pada kesempatan menerima penghargaan di Jakarta.

Baca Juga  ASPEK Indonesia: PHK Massal Ramayana Tidak Manusiawi dan Hanya Manfaatkan Darurat Covid 19 untuk Pecat Pekerja

Tiga langkah inisiatif strategi komprehensif, di antaranya scope 1 dekarbonisasi operasional perusahaan, scope 2 membangun bisnis baru rendah karbon, scope 3 merupakan program penyeimbang karbon.

“Implementasi bisnis utama Minyak dan Gas melalui green operation, yang menghantarkan Pertamina mencapai target pengurangan emisi karbon pada scope satu dan dua dalam mengelola keberlanjutan,” ucap Fadjar.

Ketiga langkah tersebut menurutnya  bagian dari dukungan Pertamina terhadap ketahanan energi nasional, dengan mengedepankan ketersediaan energi, membangun infrastruktur energi, keterjangkauan masyarakat terhadap energi sekaligus menjaga kelestarian lingkungan serta pengelolaan sumber daya energi yang berkelanjutan.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.(*)

Baca Juga  Utang Indonesia Tembus Angka Rp 4.567 Triliun

Tentang Penulis: Hengki Seprihadi

Gambar Gravatar
Professional Journalist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.