Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hankook Tire Tanam 2.500 Mangrove di Pesisir Muara Gembong

oleh
Foto 1. Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Sukmawatty Karnahadijat turut hadir dalam acara penanaman mangrove PT. Hankook Tire Indonesia scaled
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Sukmawatty Karnahadijat turut hadir dalam acara penanaman mangrove PT. Hankook Tire Indonesia.

BEKASI – Hankook Tire, perusahaan ban global, menunjukkan komitmennya untuk melestarikan lingkungan dan menekan perubahan iklim melalui aksi penanaman mangrove di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Sabtu (1/6). Dalam aksi bertajuk “One Man One Tree”, PT Hankook Tire Indonesia menanam 2.500 bibit mangrove atau senilai Rp170 juta di sepanjang pesisir Muara Gembong. Penanaman ini bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan dilakukan oleh Presiden Direktur PT Hankook Tire Indonesia, Chang Doo Young, bersama manajemen dan karyawan, serta 50 warga Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong.

Chang Doo Young, Presiden Direktur PT Hankook Tire Indonesia, menjelaskan, penanaman mangrove ini merupakan upaya perusahaan dalam mendukung konservasi keanekaragaman hayati dan menjaga ekosistem pesisir yang rentan terhadap abrasi dan pengikisan tanah. Terlebih, wilayah pesisir Muara Gembong langsung berbatasan dengan Laut Jawa sehingga rentan terhadap abrasi dan pengalihfungsian lahan mangrove menjadi tambak.[1]

Baca Juga  AMKA dipercaya Sebagai Narasumber dalam Seminar Nasional dan Pameran Ke-2 Politeknik PU Semarang

“Dengan tagline Bersama Hankook Menjaga Bumi, kami berharap spirit ini dapat meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong. Manfaat penanaman mangrove ini tidak hanya mencegah abrasi, tetapi juga untuk menekan laju perubahan iklim, menjaga keanekaragaman biota laut, dan diharapkan dapat dikembangkan menjadi sarana wisata edukasi yang memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat,” jelas Chang.

Aksi penanaman mangrove ini juga dilengkapi dengan sosialisasi tentang jenis-jenis mangrove dan manfaat ekologis, cara pembuatan sirup mangrove, serta pengetahuan tentang ekosistem lain yang hidup di sekitar akar mangrove. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya ekosistem mangrove terhadap lingkungan hidup dan mendorong pengembangan peluang usaha baru.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Sukmawatty Karnahadijat, turut hadir dalam kegiatan tersebut dan menyatakan, “Kami menyambut baik inisiatif dari PT Hankook Tire Indonesia dalam menjaga lingkungan hidup dengan melakukan penanaman mangrove di Muara Gembong. Kolaborasi ini merupakan langkah awal berkelanjutan dalam menjaga ekosistem pesisir Muara Gembong yang sudah terkena abrasi di sekitar 2.400 hektar lahan.[2] Kami berharap aksi ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk melakukan langkah serupa dalam mendukung pelestarian lingkungan hidup.”

Baca Juga  SCG Genjot Pasar Ritel Bahan Bangunan lewat Pembukaan Gerai ke-50 Mitra10 Depok

Aksi ini juga menjadi momen penting bagi PT Hankook Tire Indonesia dalam memperkuat komitmen perusahaan terhadap praktik keberlanjutan dan tanggung jawab sosial. Dengan berkolaborasi dengan masyarakat setempat, penanaman mangrove ini tentunya selaras dengan standar pengelolaan bisnis perusahaan yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), serta sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pada pilar ke-13 (penanganan perubahan iklim) dan pilar ke-14 (menjaga ekosistem laut).

Sebelumnya, Hankook Tire global meraih predikat A- dalam penghargaan Carbon Management CDP 2023 kategori Consumer Discretionary pada Climate Change and Water Security Awards yang diselenggarakan oleh Komite Carbon Disclosure Project (CDP) Korea. Penghargaan ini menegaskan posisi Hankook Tire sebagai pemimpin global dalam penerapan prinsip ESG. Hankook Tire telah meraih Penghargaan Carbon Management Sector sebanyak lima kali, menunjukkan komitmen perusahaan terhadap inisiatif keberlanjutan lingkungan dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Baca Juga  Kinerja Positif, Pertamina Raih Laba Bersih Rp 56 Triliun di Tahun 2022

Sejak beroperasi tahun 2013, PT Hankook Tire Indonesia telah berkontribusi menciptakan dampak positif bagi pembangunan Kabupaten Bekasi. Langkah ini membuktikan komitmen perusahaan dalam menciptakan dampak berkelanjutan bagi masyarakat dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin global dalam praktik ESG. Baru-baru ini, PT Hankook Tire Indonesia meraih dua penghargaan dari Bupati Bekasi atas partisipasinya dalam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) dalam kategori “Economy Empowerment” dan “Social & Religious” pada Desember 2023.(*)

Tentang Penulis: Hengki Seprihadi

Gambar Gravatar
Professional Journalist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.