GOTO Umumkan Agenda RUPS, Rencana Pembelian Kembali Saham, serta Perubahan Direksi dan Komisaris

oleh
IMG 7305

JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“Perseroan”, “Grup GoTo”, BEI: GOTO) hari ini mengumumkan agenda Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 11 Juni 2024. Perseroan mengumumkan agenda tersebut melalui situs web Bursa Efek Indonesia, eAsy.KSEI dan situs web Perseroan. Agenda meliputi di antaranya rencana pembelian kembali saham (share buyback) yang sebelumnya telah disampaikan Perseroan serta perubahan komposisi Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

Perseroan akan meminta persetujuan dari pemegang saham untuk skema pembelian kembali sahamnya, senilai Rp3,2 triliun atau US$200 juta. 1 Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan akan melakukan peninjauan secara berkala terhadap rencana pembelian kembali tersebut dan mungkin melakukan perubahan atau penyesuaian apabila diperlukan. Informasi lebih detail atas rencana pembelian saham kembali tersebut akan disampaikan kepada seluruh pemegang saham sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga  Pertamina EP Sangatta Field Berhasil Produksikan Minyak Tertinggi Sejak 18 Tahun Terakhir

Patrick Walujo, Direktur Utama Grup GoTo, menjelaskan “Inisiatif share buyback senilai US$200 juta yang kami ajukan, merupakan bukti kemajuan yang dicapai oleh GoTo seiring implementasi strategi untuk pertumbuhan lebih cepat serta berkelanjutan. Dengan arus kas yang terus membaik serta adanya nilai yang signifikan pada saham kami, kami percaya bahwa share buyback adalah langkah yang bijak, seiring upaya memastikan bahwa sumber daya Perseroan dimanfaatkan secara efisien.”

Sebagai bagian dari agenda RUPS, Perseroan menyampaikan penguatan struktur kepemimpinan, dengan mengajukan John A. Prasetio untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham sebagai Komisaris Independen, menggantikan Robert Holmes Swan yang akan mengakhiri masa jabatannya. John memiliki pengalaman luas di berbagai bidang, termasuk sebagai Chairman Ernst & Young Indonesia dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. Beliau saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bursa Efek Indonesia, serta berperan sebagai penasihat di beberapa institusi.

Baca Juga  Holding RS BUMN Bermitra Strategis dengan Indonesia Investment Authority (INA) dan Swire

Lebih lanjut, masa jabatan William Tanuwijaya dan Melissa Siska Juminto di Dewan Komisaris dan Direksi telah berakhir. Andre Soelistyo akan mengundurkan diri dari Dewan Komisaris, untuk fokus pada bidang lain.

Patrick menambahkan, “Seiring pertumbuhan GoTo beberapa tahun terakhir, kepimpinan Perseroan pun terus berevolusi untuk memastikan Perseroan memiliki gabungan keahlian terbaik untuk perkembangan lebih lanjut. Dengan demikian, merupakan sebuah kehormatan untuk mengajukan Bapak John A. Prasetio sebagai Komisaris Independen. Keahlian beliau dalam bisnis serta berbagai pengalaman beliau, termasuk di Bursa Efek Indonesia akan memberikan nilai tambah bagi Perseroan. Kami berharap dapat bekerjasama dengan beliau dalam beberapa bulan ke depan.”

Sebagai bagian dari mata acara RUPS, Perseroan mengajukan Patrick Sugito Walujo, Direktur Utama Perseroan sebagai calon pemegang saham Seri B, untuk persetujuan pemegang saham independen. Sebagai investor awal Perseroan, Patrick memberikan pandangan sebagai pemegang saham dalam pembentukan kebijakan strategis Perseroan, dan berperan sebagai pemimpin dalam manajemen GoTo.

Baca Juga  Direksi Pertamina Raih Penghargaan di 2 Ajang Internasional

Perseroan tidak memiliki rencana untuk menerbitkan saham Seri B baru dan dengan demikian, tidak ada dilusi dari kepemilikan pemegang saham eksisting. Perpindahan kepemilikan saham dengan hak suara multipel (SDHSM) sehubungan dengan hal tersebut, hanya dapat dilakukan pada pihak yang telah disetujui sebagai pemegang saham dengan hak suara multipel. 

Informasi dan penjelasan lebih lanjut mengenai agenda RUPST dan RUPSLB Perseroan tersedia pada situs web Bursa Efek Indonesia, eAsy.KSEI, dan situs web Perseroan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.