Pemko Bandung Berkomitmen Tekan Penggunaan Tembakau demi Generasi Sehat

oleh
IMG 7441

BANDUNG Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Daerah Kota Bandung Hikmat Ginanjar menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sukses menyelenggarakan 9th Indonesia Conference On Tobacco Or Health (ICTOH) di Kota Bandung. 

Ia menyebut, acara ini merupakan upaya strategis yang dilakukan lintas sektor untuk menghadirkan generasi emas yang sehat pada 2045.

Menurutnya, kegiatan ini juga menambah motivasi Pemda Kota Bandung untuk terus berupaya berkomitmen mengenai pentingnya tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainability development goals) dan peluang bonus demografi serta target RPJMN 2020-2024.

“Kita wajib mewariskan lingkungan yang sehat kepada generasi masa yang akan datang. Alam, udara, air, dan tanah yang bersih. Salah satu praktek baik yang dilakukan ICTOH adalah menekan atau menghentikan konsumsi rokok,” ujar Hikmat di Pendopo, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga  Presiden Jokowi Pimpin Rapat Bahas Antisipasi El Nino dan Pangan

Hikmat juga berharap upaya kebijakan pengendalian tembakau di Kota Bandung dapat diwujudkan melalui implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Ia berharap program tersebut dapat terus di tingkatkan lagi, khususnya di tatanan fasilitas kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, transportasi umum.

Di sisi lain, ia juga menyebut penerapan kawasan bebas kendaraan seperti di Jalan Braga (Braga Beken) dan Friday Car Free di lingkungan balai kota setiap hari Jumat sebagai upaya lainnya dalam menghadirkan udara kota Bandung yang lebih bersih.

“Silakan bapak-ibu menikmati kawasan pusat kota seperti di Jalan Braga, atau Balai Kota Bandung khususnya pada akhir pekan. Di sana, kami menerapkan kebijakan kawasan bebas kendaraan, sehingga bapak-ibu dapat menikmati suasana di sana dengan udara yang lebih bersih,” pesan Hikmat.

Baca Juga  Buka Munas III Himpunan Pengusaha KAHMI, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Pemberdayaan UMKM

Sementara itu Ketua Panitia 9th ICTOH 2024, dr. Sumarjati Arjoso menyebut Kota Bandung terpilih sebagai penyelenggaraan 9th Indonesia Conference On Tobacco Or Health karena baiknya penerapan regulasi KTR.

“Upaya pengendalian tembakau di Kota Bandung kami rasa sudah cukup baik. Di sisi lain, kami mendorong seluruh pihak berpartisipasi aktif dalam menekan penggunaan tembakau demi generasi yang lebih sehat,” ujar Sumarjati.

9th Indonesia Conference On Tobacco Or Health tahun 2024 mengusung tema “Hentikan Campur Tangan Industri Tembakau, Demi Perlindungan Anak”. Kegiatan ini diikuti perwakilan peserta skala Nasional, dari Aceh hingga Papua.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.