Pemkab Cirebon Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Transportasi Publik

oleh
IMG 7878

CIREBON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas transportasi melalui penyelenggaraan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Ruang Nyi Mas Gandasari, Setda Kabupaten Cirebon, Kamis (4/7/2024).

Acara ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Drs H Wahyu Mijaya SH MSi, Kepala Polresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni SH SIK MH, serta pemangku kepentingan terkait.

Dalam forum tersebut, Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya menyoroti dua isu utama. Pertama, berkaitan pada kondisi saat ini di Kabupaten Cirebon, termasuk tingkat kecelakaan, kemacetan, dan berbagai masalah lain yang memerlukan penyelesaian segera.

Poin kedua, kata Wahyu, terkait dengan perencanaan masa depan Kabupaten Cirebon yang mencakup ide dan solusi untuk mencapai kondisi ideal di masa mendatang.

Baca Juga  Pj Gubernur NTB Harapkan Desa Selagik sebagai Desa Sentra Konveksi NTB

“Kita harus segera menyelesaikan masalah, seperti tingkat kecelakaan dan kemacetan yang ada saat ini di Kabupaten Cirebon. Selain itu, kita juga perlu merencanakan masa depan yang ideal untuk transportasi di wilayah kita,” ujarnya.

Ia memaparkan, pembahasan di forum ini, diharapkan mampu menghasilkan solusi konkret untuk mengatasi permasalahan lalu lintas yang ada, dan merencanakan masa depan transportasi yang lebih baik di Kabupaten Cirebon.

Sebab, tutur dia, forum ini pun menunjukkan bahwa pemerintah daerah serius dalam menciptakan lingkungan yang lebih tertib dan teratur bagi warganya.

“Dengan langkah-langkah yang telah direncanakan, Kabupaten Cirebon berkomitmen untuk terus memperbaiki sistem transportasinya, menjadikannya sebagai daerah yang tidak hanya ramai, tetapi juga teratur dan nyaman bagi seluruh penggunanya,” tukasnya.

Baca Juga  Pendapatan dan Belanja APBD Sumbar Kini Bisa Dicek Secara Realtime

Pada prinsipnya, ia menegaskan, bahwa infrastruktur jalan, pengembangan sistem transportasi yang lebih efisien, dan peningkatan kualitas pelayanan transportasi publik harus segera direalisasikan.

Selain itu, berbagai program edukasi tentang keselamatan berlalu lintas dan pengurangan emisi kendaraan juga perlu digiatkan lagi, untuk mendukung tercapainya kondisi transportasi yang ideal di masa depan.

Hal senada disampaikan Kepala Polresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni, yang menekankan pentingnya memberikan edukasi kepada masyarakat dan pelaku usaha di bidang transportasi, guna mengatasi kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas.

Tujuannya, lanjut dia, agar Kabupaten Cirebon menjadi wilayah yang ramai namun tetap lancar dan indah. Menurut Sumarni, meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas menjadi salah satu fokus utama dari forum ini.

Baca Juga  Fahmi Mubarok, Ilmuwan dan Staf Pengajar ITS Terpilih Menjadi Salah Satu Finalis European Inventor Award 2022

“Kami hadir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan pelaku usaha di bidang transportasi, guna mengatasi kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas,” kata Sumarni.

Elemen masyarakat diajak untuk lebih tertib dalam berkendara, baik pengguna roda dua, roda empat, maupun bus. Koordinasi dengan dinas terkait juga perlu ditingkatkan untuk menciptakan lalu lintas yang nyaman dan aman.

“Kami ingin Kabupaten Cirebon menjadi wilayah yang ramai, namun tetap lancar dan indah,” tukasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.