Ajang Inovasi Pertamina ke-14 tahun 2024 Resmi Dibuka

oleh
31be37e8 8d46 4747 b7da 54cbedb14f8c scaled
Jajaran Dewan Juri dari internal dan eksternal Pertamina ajang APQ Awards 2024, 3 Juni 2024.

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan kegiatan tahunan Annual Pertamina Quality (APQ) Awards ke-14 tahun 2024, dengan tema Innovate Endlessly for Excellent Sustainability. Pembukaan diresmikan langsung secara daring oleh Direktur Utama Pertamina dan jajaran pada 3 Juni 2024.

APQ Awards merupakan ajang penghargaan bagi perwira Pertamina yang melahirkan inovasi dan memberikan dampak bagi perusahaan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengapresiasi konsistensi kegiatan APQ Awards yang rutin diselenggarakan setiap tahun sejak 2010.

“APQ Awards dinilai bukan hanya ide yang jadi paper innovation, tapi diukur inovasinya dan dihitung besar dampaknya,” jelas Nicke dalam sambutannya di kegiatan Pertamina APQ Awards 2024.

Menurut Nicke, beberapa tolok ukur atau hasil dengan mengikuti APQ Awards, Pertamina memiliki alat ukur dari sisi finansial dimana tim cost optimization melakukan validasi lebih lanjut dari inovasi sampai menghasilkan value creation.

Baca Juga  Sodik Mudjahid: Demokrat Sejak Awal Setengah Hati Dukung Prabowo-Sandi

“Hasilnya dari cost efficiency, cost avoidance, revenue enhancement, dan hasil akhirnya kita bisa lihat bagaimana Pertamina diakui di Fortune Global 500 dan menjadi satu-satunya perusahaan yang masuk ke ajang internasional tersebut, ini salah satu hasil dari sisi finansial,” terang Nicke.

Hasil berikutnya, sambung Nicke, adalah sisi sustainability yang menjadi kebanggaan Pertamina dalam ESG performance menduduki peringkat pertama secara global untuk sub sektor oil and gas company.

“Bisnis minyak dan gas identik dengan karbon emisi, tapi kita bisa membalikan persepsi tersebut dengan membuktikan bahwa program dekarbonisasi Pertamina sudah advance dan dijalankan seluruh rantai bisnis dan diakui dunia,” terang Nicke lebih lanjut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur SDM Pertamina, Erry Sugiharto mengatakan, ajang APQ ini merupakan penghargaan untuk perwira Pertamina yang telah melahirkan karya inovatif dan mampu memberikan dampak positif bagi perusahaan, diantaranya peningkatan revenue, produktivitas, cost efisiensi dan performa yang baik bagi perusahaan.

Baca Juga  Politisi Busuk

Erry meyakini bahwa inovasi merupakan salah satu kunci dalam bertransformasi, energi untuk menciptakan perubahan serta solusi untuk mengatasi permasalahan dan modal untuk memenangkan persaingan.

“Inovasi, hal yang penting, perusahaan selalu menyediakan ekosistem yang kondusif dan wadah bagi para perwira untuk dapat mengekspresikan karya inovasinya,“jelas Erry, (3/6/2024).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan, APQ Awards merupakan agenda tahunan yang sudah berjalan sejak tahun 2010, terdapat 10 kategori dan akan diumumkan pemenangnya pada tanggal 6 Juni 2024 di Grha Pertamina Jakarta.

“Berdasarkan data yang kami himpun, dari 4.465 peserta tahun 2023, telah terpilih 156 program terbaik dari berbagai entitas, dengan nilai kreasi hingga sekitar 48 Triliun (unaudited),” terang Fadjar.

Baca Juga  Ketika KPK Sudah Jinak

APQ Awards 2024 terdapat 10 kategori, diantaranya :

1. The Best Quality Board

2. The Best Business performance Excellence

3. The Most Productive CIP’er

4. ⁠The Best Quality Agent

5. ⁠The Best KOMET Influencer

6. ⁠The Best Value Creation Achievement

7. ⁠The Best Category Achievement

8. ⁠The Most Productive Replicated Innovation

9. ⁠The Best System Assurance

10. ⁠Sustainability Excellence for Operational Unit

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.