Ratusan Karyawan PLN Bersama Warga Gelar Aksi Bersih di Waduk Cipta Karya

oleh
IMG 7455 scaled

PEKANBARU – Sekitar seratusan orang karyawan di lingkup Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumatera Bagian Tengah PT PLN (Persero), Senin (3/6/2024) pagi, tampak bahu-membahu membersihkan kawasan Waduk Cipta Karya di Kelurahan Sialangmunggu, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Riau.

Berbekal sarung tangan plastik, kantong plastik hitam besar, mereka tampak tak sungkan-sungkan masuk ke dalam parit dan memunguti sampah-sampah yang berserakan mencemari Waduk Cipta Karya. Sambil bercengkrama sesama rekan kerja, mereka pun tampak bersemangat membersihkan lingkungan Waduk Cipta Karya.

Aksi bertajuk Green Employee Involvement PLN Peduli menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut juga berkolaborasi dengan masyarakat setempat serta dengan pegiat lingkungan dan sejumlah anggota Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) yang berasal dari Universitas Riau, Universitas Islam Riau, UIN Suska dan beberapa perguruan tinggi lain di Kota Pekanbaru.

Baca Juga  Parkir Tingkatkan Pendapatan Daerah, Ketua PP Riau Dukung Pemko Pekanbaru

IMG 7464 scaled
Tenaga Ahli Gubernur Riau Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Johny S Mundung yang hadir mewakili Pj Gubernur Riau pada pembukaan kegiatan mengutarakan apresiasi dari Pemprov Riau atas terlaksananya kegiatan kepedulian lingkungan tersebut.

“Wilayah Panam ini memang masih terancam bahaya banjir. Kesadaran menanam memang masih kurang. Perda sumur resapan juga kami lihat belum maksimal. Padahal demi masa depan yang baik, kita harus peduli pada lingkungan, bukan hanya pada saat momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia seperti saat ini,” ungkap Johny S Mundung di hadapan seluruh peserta aksi.

Johny juga mengutarakan, untuk kelestarian lingkungan hidup itu, Pemprov Riau setiap tahun menyediakan satu juta bibit yang dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

Baca Juga  Polemik Uang Parkir Pekanbaru, Syamsul Rakan: Saya Setuju Adanya Gugatan untuk Meluruskan Supaya Benar

Sementara itu, General Manager (GM) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumatera Bagian Tengah PT. PLN (Persero) I Njoman Surjana D di sela aksi lingkungan tersebut mengutarakan, PLN menggelar kegiatan tersebut sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

“Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi awal yang baik, semoga ke depannya bisa menjadi kegiatan berkelanjutan demi pelestarian lingkungan hidup di Kota Pekanbaru khususnya, Provinsi Riau umumnya, dan Sumatera Bagian Tengah,” ungkap Njoman.

Sementara itu, Pj Walikota Pekanbaru yang diwakili Asisten II Pemko Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut pada kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi dari Pemko Pekanbaru atas aksi peduli lingkungan tersebut.

“Semoga ke depannya bisa menjadi kegiatan berkelanjutan dan bisa kita kolaborasikan dengan program yang ada pada Pemko Pekanbaru,” ungkap Ingot yang hadir bersama Camat Tuah Madani Nurhasminsyah dan Lurah Sialangmunggu Fitriyati.

Baca Juga  Jikalahari Desak Gubernur Riau Tak Lagi Pasang Balon Banner APRIL dan APP di HUT Riau 2023

Sementara itu, Ketua LPM Sialangmunggu Agus Eko mengutarakan masyarakat bersama LPM sedang bahu membahu untuk membenahi kawasan Waduk Cipta Karya tersebut.

“Kami sangat membutuhkan bantuan berbagai pihak yany peduli lingkungan. Rencananya kami akan mengembangkan Waduk ini menjadi kawasan ramah anak dan kawasan untuk jogging track bagi masyarakat umum,” ungkap Agus Eko.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.